Mobil, News

Nissan Micra, Sedan Mungil Penuh Sejarah Memukau

Varian Nissan Micra diperkenalkan ke pasar Jepang pada Oktober 1982 sebagai penantang Honda City, Daihatsu Charade, Suzuki Cultus, dan Toyota Starlet.

Mobil ini dihadirkan untuk menggantikan Nissan Cherry sebagai pesaing perusahaan di sektor supermini, karena model Cherry yang dijual di Eropa semakin massif dari setiap generasi yang dihadirkan.

Micra memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat rendah, ini karena mesin yang digunakan memang dikembangkan khusus untuk varian mobil kecil tersebut. Tak heran, bobot mobil ini hanya 630 kg.

Secara spesifikasi Micra pada awalnya tersedia dengan mesin SOHC MA10S aluminium dengan finishing yang sangat halus.

Baca juga

Awalnya Didesain untuk Fiat

Dalam sejarahnya, rancang bangun Micra sebenarnya diperuntukkan untuk Fiat, sebagai pengganti Fiat 127. Tapi kemudian Fiat mengambil desain Uno (Fiat Uno) yang diperkenalkan pada 1983.   

Itu adalah salah satu dari beberapa mobil kecil penting yang akan diluncurkan ke pasar Eropa selama tahun 1983, bersamaan dengan Fiat Uno, Peugeot 205, Vauxhall Nova, Opel Corsa, serta generasi kedua Ford Fiesta.

Baca juga

Populer di Eropa

Model ini terjual cukup baik di Inggris, dan memuncaki penjualan dengan pencapaian lebih dari 50.000 unit pada 1989. Lain itu, varian Micra juga merupakan salah satu mobil impor paling populer di masanya.

Dibekali mesin MA12 1.2 L dengan karburator yang dikontrol secara elektronik dengan tenaga 56 hp.

Facelift lain datang pada Maret 1989, berupa peningkatan kecil seperti bumper yang lebih dalam, gril depan baru, detail interior kecil, dan perubahan lampu depan. Varian inilah yang digunakan oleh tim Rally Indonesia pada masa itu.

Selama masa hidupnya, Micra mendapatkan reputasi yang baik untuk keandalan dan ekonomi.

Pada tahun 1995, itu menduduki kelas mobil kecil dalam survei reliabilitas mobil berusia empat hingga enam tahun yang dilakukan oleh Asosiasi Otomotif Jerman (ADAC). (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *