Komunitas, Kustom, Motor, Tips

Tergolong langka, Harga RX-King Capai Rp100 Juta

RX-King

Motor-motor 2-tak kembali diminati. Salah satu yang paling banyak diburu tapi populasinya kini terbilang langka adalah Yamaha RX-King. Gak heran motor legendaris berjuluk “Raja Jalanan” atau “motor jambret” itu harganya pun kian melambung.

Usut punya usut, harga tertinggi yang dipasang untuk RX-King mencapai Rp100 juta. Kok bisa semahal itu dan tetap diminati ya, sob?

Baca juga

full orisinil dan Lengkap

Purwanto, kolektor motor lawas, mengatakan Harga RX King bisa sangat mahal dan perlahan naik bila kondisinya masih lengkap dan full orisinil alias belum dimodifikasi sama sekali.

“Standar pabrikan, itu yang sebenarnya banyak dicari,” ujarnya.

Contohnya adalah RX-King Special Edition produksi tahun 2003 yang dibanderol Rp100 juta.

Di luar label edisi spesial dengan tambahan aksen emas dan logo khusus, RX-King yang berdomisili di Koja, Jakarta Utara, ini selain dimiliki tangan pertama bisa dibilang memiliki kondisi nyaris sempurna.

Baut-bautnya belum pernah dibuka, ban depan dan belakang belum ganti, dan kilometernya pun masih di kisaran 20-25 ribu kilometer Bahkan. buku manual hingga surat-surat semuanya masih lengkap.

Tergantung Variannya

Yamaha RX-King memiliki beberapa varian saat masih diproduksi. Harga termahal biasanya digondol generasi paling akhir, tapi yang paling banyak diburu adalah generasi-generasi sebelumnya.

“Apalagi, untuk RX-King yang diproduksi sebelum tahun 2006. Tapi, paling banyak dicari tetap RX-King Cobra,” ujar Purwanto.

Sebagai informasi, varian pertama RX-King diproduksi tahun 1983-1991 dengan nama “Cobra”, karena bentuk setangnya meliuk-liuk seperti leher ular cobra. Harga standarnya saat ini di salah satu situs jual beli online di kisaran Rp38 juta dengan kondisi full orisinal.

Lalu di tahun 1996, Yamaha meluncurkan generasi kedua bernama RX-King Master yang mesinnya sudah mulai dibuat di Indonesia. Harga kondisi orisinal saat ini rata-rata Rp51 juta.

Kemudian tahun 2002, muncul varian baru sekaligus terakhir bernama Yamaha New RX-King. Generasi ini tampil beda dari generasi sebelumnya dengan tambahan catalityc converter di bagian knalpot sehingga emisi bisa ditekan dan asap knalpot gak ngebul lagi.

Makanya banyak juga yang menyebut generasi baru ini Yamaha RX-King 4-tak karena gak ada asapnya.

Barulah pada 2006, Yamaha melakukan penyegaran pada RX-King anyar terutama di bagian headlamp yang bentuknya berubah jadi bulat. Untuk harganya, paling mahal dijual rata-rata Rp45-75 juta.

Meski sebagian besar dijual harga tinggi, ada juga varian RX-King seharga Rp5 jutaan. Penjualan paling banyak yaitu RX-King produksi pertengahan ’90-an ke atas hingga 2000-an dengan kondisi seadanya.

Baca juga

Suku Cadang Lengkap

Gak cuma soal harga, RX-King diminati lantaran suku cadangnya masih banyak.

Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur pada 2016 pernah mengatakan, meskipun sudah disuntik mati sejak 2009 silam, Yamaha masih tetap memproduksi suku cadang inti RX-King selama 10 tahun setelahnya. Yang berarti bakal diproduksi setidaknya sampai tahun ini.

Soal banyaknya ketersediaan suku cadang pun diakui oleh Dede alias Kodel, pengoleksi sekaligus pemilik toko spareparts khusus RX-King, dan juga  Rasyidur Raqib, pemilik RR Part Shop, toko yang menjual berbagai spareparts RX-King dan motor lawas lain.

Toko keduanya rutin dijajal komunitas RX King. Mereka menjual blok mesin, bodi, sampai ke baut-baut original. Barang yang ditawarkan kebanyakan original NOS atau New Old Stock. Ada juga inden jika barang yang dicari sulit. (oya/man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *