Mobil, Tips

Tips Cuci Mobil, Sabun dan Ember Baiknya Dibedakan

cuci mobil

Meski kelihatan sepele, saat mencuci bagian atas dan bawah mobil baiknya pakai sabun yang berbeda. Begitu pula, gunakanlah ember terpisah.

Baca juga

Rekomendasi Sabun Bagian Atas

Menurut Technical Support Otogard, Ade Lesmana, sabun yang direkomendasikan untuk mencuci bagian atas seperti atap dan bodi mobil adalah yang memiliki pH balance atau sabun yang dapat menyeimbangkan kadar asam.

Menurut dia, sabun dengan pH balance ketika diaplikasikan bisa membuat permukaan cat jadi seperti mendapatkan efek wax atau efek licin.

“Sabun pH balance itu aman. Jadi dia nggak terlalu banyak busa. Tapi ke permukaan bodi mobil bisa langsung membersihkan secara maksimal dan ada efek mengkilapnya,” ujar Ade.

Jangan Sekadar Busa Banyak

Sebaliknya, Ade gak merekomendasikan sekadar pakai sabun yang busanya banyak karena belum tentu bagus atau bikin mobil bersih.

Justru, bisa-bisa menyisakan efek water spot karena pH-nya gak stabil.

Misalnya, pakai sabun biasa yang ada kandungan soda apinya seperti deterjen atau sabun krim.

Rekomendasi Sabun Area Bawah

Beda halnya dengan bagian atas, Ade merekomendasikan mencuci area kaki-kaki seperti kolong mobil dan ban pakai sabun krim (colek) atau deterjen yang lebih kuat.

Pengecualian Buat Cuci Pelek

Meski begitu, ia juga menekankan, khusus untuk area pelek hindari mencuci pakai sabun colek atau deterjen agar tak lekas rusak,.

“Untuk mencuci pelek, usahakan pakai sabun pH balance, jangan pakai sabun colek. Kenapa? karena lapisan cat atau krom-kroman pada pelek nantinya akan cepat jadi kuning,” jelas Ade.

Pakai Dua Ember

Bukan cuma sabunnya yang dibedakan, ember pencuci untuk bagian atas dan bawah pun baiknya dipisah.

Sebab, ember yang cuma satu dikhawatirkan malah membawa bekas pasir dan debu dari pelek ke kain pencuci. Jika tercampur, ini bisa membuat bodi mobil menjadi baret-baret.

“Jadi buat cuci pelek embernya sendiri dan buat cuci bodi mobil embernya sendiri,” pungkas Ade. (oya/man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *