Event, Motor, News

Motor Roda Tiga Besutan Yamaha di TMS 2019

Yamaha roda 3

Selain sepeda motor roda dua, Yamaha juga memboyong motor roda tiga di Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

Dua di antaranya yaitu Yamaha Tricity 300 dan motor konsep bernama Yamaha MW-Vision. Seperti apa?

Baca juga

Tricity 300

Tricity 300

Tricity 300 merupakan keluarga three wheelers yaitu Tricity dan Niken. Basisnya berasal dari XMax dan merupakan revisi XMax 300.

Jadi gak heran tampilan Tricity 300 mirip XMax tapi versi roda tiga. Bentuk keseluruhannya mengombinasikan antara Yamaha Tricity dan XMAX.

Buritannya pun masih persis XMax, tapi berbeda di bagian lampu stop. Ada pula ubahan di sektor depan seperti lampu dan aplikasi dua roda.

Soal power, disempali kekuatan inti di suspensi depan Leaning Multi Wheeler (LMW) berjenis Ackermann steering geometry dan parallelogram offset.

Desainnya diklaim mampu menikung layaknya motor roda dua. Sementara mesinnya mengusung mesin XMax 300 yang dijual di Eropa.

Meski sudah dipamerkan, rincian spek lengkap Tricity 300 versi Yamaha belum ada. Yang pasti, motor yang sempat muncul di EICMA 2018 ini bakal bersaing dengan Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis di segmen skuter roda tiga premium.

Baca juga

MW-Vision

MW-Vision

Berbeda dengan Tricity 300 dan model roda 3 lainnya, Yamaha MW-Vision berbekal atap. Tampilannya mirip Toyota i-Road yang posisi duduknya bisa semi selonjoran.

Motor konsep ini didesain untuk mobilitas pribadi yang memanfaatkan platform Leaning Multi-Wheel. Alhasil, . mulai dari pengendalian, kemampuan manuver, hingga kenyamanannya diklaim sama seperti motor biasa.

Nah, soal speknya lagi-lagi belum diungkap Yamaha. Yang jelas motor ini disempali banyak  perangkat berteknologi canggih seperti lampu LED, panel instrument digital, hingga kecerdasan buatan (AI) dan teknologi bernama ‘attitude control’.

Lalu, ada pula beberapa sensor  pemantau wajah pengendara yang terhubung dengan sistem dan bisa mengubah dinamika berkendara, dan teknologi audio immersive Yamaha ViReal yang memungkinkan adanya komunikasi interaktif antara pengguna dan kendaraan lewat suara. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan