Mobil, Motor, Tips

Untung Rugi Beli Spare Part di Toko Online

spare part online

Beli spare part di toko online banyak untungnya, tapi bisa juga merugikan apalagi jika sampai tertipu. Nah, biar belanja online tetap memuaskan, pahami untung rugi dan tips biar gak tertipu berikut ini.

Baca juga

Keuntungan

Belanja spare part online selain lebih praktis karena gak perlu menyambangi toko fisik, biasanya juga lebih enteng di kantong.

Melalui berbagai situs jual beli online, Kawan Parjo bisa menjajal banyak promo seperti gratis ongkos kirim, cashback hingga jaminan pengembalian apabila barang yang dibeli gak sesuai.  

Untuk spare part yang harganya cukup tinggi, umumnya tersedia juga pilihan pembelian melalui metode cicilan tanpa bunga.

Selain itu, konsumen bisa dengan mudah membandingkan harga barang antar toko serta reputasinya.

Kerugian

Sementara kerugiannya, barang bisa saja hilang atau rusak di pengiriman. Kadang butuh waktu lebih lama juga menunggu barang diantar oleh kurir hingga sampai ke tempat tujuan.

Paling mengesalkan, ketika kita merasa tertipu lantaran barang yang dipesan gak sesuai, tapi repot saat mengurus pengembalian atau malas menunggu lebih lama lagi.

“Solusinya, pembeli harus lebih teliti dalam memilih toko dan bisa lakukan komunikasi lebih dulu ke penjual mengenai barang yang diinginkan,” saran Atho Hidayat, pedagang suku cadang online motor Honda.

Tips Terhindar Penipuan

Mengingat belanja spare part online kualitas barangnya gak bisa dikontrol mata sejak awal, biar terhindar dari penipuan maupun barang palsu ada baiknya Kawan Parjo mencatat tips berikut:

Pertama, jangan sampai tergiur harga yang lebih murah, melainkan telitilah melihat harga.

Beberapa penjual di toko online sengaja pasang harga dibawah rata-rata dengan tujuan menarik minat pembeli.

Nah, untuk spare part resmi, pasti punya harga standar pabrikan sehingga harga jual antar toko gak bakalan terpaut jauh.

Artinya, Kawan Parjo wajib waspada jika selisih harganya jauh, meskipun pedagang mengklaim menjual suku cadang asli.

Namun, jangan langsung tergiur juga dengan harga sesuai yang dipatok karena belum tentu menjamin keaslian barang.

Baca juga

Kedua, manfaatkan fitur pencarian.

Dalam beberapa kasus, ada juga toko yang menjual suku cadang asli tanpa kemasan sehingga dijual lebih murah dari harga pasaran.

Maka itu, manfaatkan kemudahan fitur pencarian situs jual beli online untuk melihat urutan harga yang dipasang, dan jangan abaikan testimoni pembeli lain.

Alternatifnya, lakukan pembelian secara COD (Cash on delivery) atau kunjungi toko fisiknya secara langsung jika ada.

Ketiga, jika ragu terus melanda, cukup cari toko spare part online yang memang dimiliki oleh bengkel resmi atau toko rekomendasi dari komunitas.

Terakhir, jangan lupa periksa harga eceran suku cadang melalui aplikasi yang ditawarkan oleh pabrikan secara online sebagai patokan mutlak. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan