Motor, News

Bebek CT125, Motor Retro Honda Cocok Buat Off-Road

honda ct125

Honda resmi meluncurkan motor bebek terbarunya, CT125 di ajang Tokyo Motors Show 2019. Jika dilihat menyeluruh, motor bergaya retro dengan mesin irit berbobot ringan ini cocok buat dipakai off-road.

Baca juga

Kesan Klasik Nan Unik

Secara tampilan, bebek ADV atau bebek semi-trail besutan Honda ini didesain ala tahun 80-an. Kesan old shool bisa terlihat dari lampu-lampunya yang berbentuk bulat, termasuk spedometer model bulat single yang menempel di area stang.

Nuansa lawasnya pun semakin kental lewat struktur rangka yang mirip kepunyaan Honda C70.

Kendati bertampang klasik, pabrikan berlogo sayap ini rupanya mendesain CT125 tampil unik. Selain gayanya yang kental aura adventure, Honda pun tetap menanamkan beragam teknologi modern.

Kental Aura Adventure

Di bagian kaki-kakinya, motor ini dibekali ban semi trail yang bisa dipakai untuk jalan aspal dan tanah. Bentuknya pun mengingatkan kita pada legenda motor CT Cub Hunter.

Selain ban semi trail, CT125 juga mengusung pelek jari-jari (spoke-wheel). Suspensinya belakangnya menggunakan dual sokbreker yang memang didesain untuk kebutuhan off-road.

Tak lupa posisi intake udara dibuat tinggi agar lebih ramah saat diajak menjelajah kawasan berlumpur maupun perairan.

Lalu ada juga karet pelindung sokbreker depan, pelindung mesin, dan knalpot menggunakan model up-swept layaknya motor custom bergaya scrambler.

Didukung Teknologi Modern

Untuk fitur canggih yang mendukung konsep off road tadi, C125 dilengkapi suspensi yang bisa meredam guncangan alias bisa disetel sesuai kondisi jalan yang dilalui atau adjustable.

Gak ketinggalan, Honda menyempali lampu LED termasuk lampu sein yang dibungkus mika kotak, hingga instrumen panel digital.

Sistem pengeremannya pun sudah menggunakan disc brake alias rem cakram baik di depan maupun belakang. Selain itu, disematkan pula teknologi ABS single channel khas motor kekinian untuk meningkatkan keamanan saat berkendara.

Baca juga

Lincah, Irit, dan Ringan

Berkat jok tunggal, CT125 memiliki dimensi panjang 1.929 mm, lebar 786 mm, dan tinggi 1.088 mm. Ini tergolong ramping dan ringan sekaligus lebih lincah sehingga cocok bagi penggemar trabasan..

Untuk sektor mesin terbilang irit. Yakni menggunakan single silinder dipadukan 2 klep, berkapasitas 125 cc dengan sistem injeksi PGM-FI.

Ini diyakini sama seperti mesin yang digunakan oleh Super Cub dan Monkey 125. Tenaganya 9,65 PS dan torsi 10,4 Nm.

Meski Honda Jepang masih memajang Honda CT125 sebagai motor konsep di TMS 2019, kemungkinan motor bebek ini diproduksi massal di Tanah Air sangat besar.

Apalagi jika melihat Super Cub dan Monkey 125 yang sukses dipasarkan di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM), lantaran masyarakat mulai kembali lagi menyukai motor bebek retro. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan