Event, Mobil, Motor, News

Hasil Operasi Zebra: Banyak yang Gak Hapal Teks Sumpah Pemuda

operasi zebra sumpah pemuda

Ada yang lucu dan unik di gelaran Operasi Zebra Kapuas 2019 nih, Kawan Parjo. Alih-alih mengalkulasikan jumlah pelanggar lalu lintas dalam sehari, hasil operasi justru mengungkap fakta banyak pengendara yang gak hapal teks Sumpah Pemuda.

Baca juga

Ide Baru

Rupanya, hal ini merupakan ide baru dan kreatif Polresta Pontianak,Kalimantan Barat, untuk memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh tepat hari ini, 28 Oktober 2019.

Kasat Lalu Lintas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, khusus di Hari Sumpah Pemuda, Operasi Zebra yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia terutama di wilayahnya itu bukan hanya menilang pengendara nakal.

Bagi setiap pengendara yang terjaring razia, juga diminta menyebutkan teks Sumpah Pemuda. Tujuannya mengingatkan mereka akan perjuangan dan jasa para pahlawan.

Fakta Miris

Hasilnya bikin kaget. Dari puluhan mobil dan motor yang dirazia, mayoritas pelanggar ternyata gak hapal dan ragu-ragu saat menyebutkan ulang teks Sumpah Pemuda.

“Anehnya, banyak yang tidak hafal. Saat dalam proses tilang, mereka diminta baca Sumpah Pemuda, banyak yang terbata-bata,” kata Salbiah.

Menurut Salbiah fakta ini cukup miris lantaran tiap tahun Sumpah Pemuda pasti diperingati. Apalagi sebagai warna negara sekaligus pemuda penerus bangsa, semangat nasionalisme perlu selalu tertanam.

Maka itu, Salbiah berpesan agar makna dan semangat Sumpah Pemuda harus selalu diingatkan dan digaungkan kepada pemuda dan pemudi masa kini.

“Momentum Sumpah Pemuda harus mampu dimaknai dengan baik oleh seluruh anak bangsa zaman sekarang ini,” pesannya.

Baca juga

Operasi Zebra

Lebih lanjut, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benjamin, kembali mengingatkan bahwa Operasi Zebra 2019 bakal digelar serentak di seluruh Indonesia sampai 5 November 2019.

Kendaraan yang diminta berhenti saat razia, wajib langsung menepi dan pengendara harus mematuhi prosedur pengecekan identitas serta kelengkapan.

Agar gak ditilang, Kawan Parjo cuma perlu mematuhi rambu dan aturan lalu lintas, membawa kelengkapan surat menyurat terutama SIM dan STNK, mengindahkan petugas, dan memastikan kelengkapan kendaraan maupun berkendara.

Mulai dari pakai safety gear bagi bikers, sabuk pengaman buat pengendara mobil, pun memenuhi syarat layak jalan kendaraan.

Terlepas dari itu, ada gak nih Kawan Parjo yang juga gak hapal isi dan Teks Sumpah Pemuda? (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan