Mobil, Motor, News

PLN Siapkan Pengecasan Mobil dan Motor Listrik, Gratis!

Minggu ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal resmi meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat diakses secara gratis di sejumlah wilayah.

Di Jakarta bakal kedapatan 4 titik SPKLU dengan spesifikasi ultra fast charging (125 kW), fast charging (50 kW), dan normal charging (25 kW).

Hal ini ditegaskan General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Ikhsan Assad, yang mengatakan bahwa khusus di DKI, Kawasan Jakarta Pusat akan menjadi lokasi untuk 2 SPKLU.

Tempat lainnya ada di Mal Senayan City dan Pondok Indah Mall di Jakarta Selatan.

Baca juga

Lokasi di Kota Lain

Akses SPKLU itu, sambung Ikhsan, juga bakal hadir di kota sekitar Jakarta dan kota besar lainnya, yakni Bandung, Tangerang Selatan, dan Bali.

Di Bandung, PLN bakal meletakkan SPKLU di kantor PLN kawasan Soekarno-Hatta, di Tangerang Selatan ada di Mal Aeon BSD, sementara di Bali ada di kantor PLN Denpasar.

SPKLU yang baru berdiri ini sudah bisa digunakan oleh pengguna mobil listrik.

PLN bakal membebaskan tarif pengecasan di SPKLU hingga akhir tahun ini sebagai salah satu langkah sosialisasi kepada masyarakat atas moda transportasi listrik.

Diskon Bagi Pemilik

PLN juga memberi diskon tarif hingga 30 persen mulai pukul 22.00 hingga pukul 04.00 untuk pengecasan mobil atau motor listrik di rumah.

Selain itu PLN juga menggratiskan biaya menaikkan daya listrik rumah tangga. Syaratnya, sang pemilik harus punya mobil listrik. Lain itu akan ada diskon hingga 75 persen bila punya motor listrik.

Promo ini diberikan kepada pengguna kendaraan listrik hingga akhir 2019, namun bisa diperpanjang jika memang permintaannya besar.

Baca juga

Masih Digodok di Kementerian

Tarif pengecasan SPKLU ini memang masih digodok di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dikatakan tarifnya nanti bakal lebih murah ketimbang kita mengisi bensin.

Menurut Ikhsan, Ini menjadi penting sehingga masa transisi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik bisa dirasakan masyarakat tanpa harus merasa rugi. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan