Design trends, Mobil, News

Honda E, Mobil Listrik Canggih dengan Sentuhan Retro

Honda E

Honda E, mobil listrik terbaru besutan Honda Motor Co resmi diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 untuk pasar Jepang dan kawasan Asia.

Menariknya, mobil ini diberi sentuhan retro meski disempali banyak fitur canggih.

Baca juga

Sentuhan Retro Unik

Secara tampilan, desain Honda E terbilang unik karena memadukan konsep retro dan futuristik modern.

Dilihat sekilas, penampakan retro Honda E mungkin mengingatkan Kawan Parjo pada Honda Life SA360 lansiran 1971.

Bentuknya dominan membulat alias gak terlalu boxy layaknya mayoritas Honda masa kini.

Kesan lain yang gak kalah menonjol, tampak dari minimnya guratan agresif dan lampu depan berbentuk bulat khas mobil retro.

Selain itu, desain wajah ini ternyata juga dipakai untuk bagian buritan. Jadi jika menjajal bagian eksterior belakang, bentukannya bakal mirip wajah depan ala mobil jadul.

Serba Canggih

interior honda e

Selebihnya, mobil yang termasuk dalam segmen BEV (battery electric vehicle) ini serba canggih dan menampilkan kesan futuristik.

Meskipun basisnya baterai dan tenaga listrik, Honda e disempali teknologi terdepan seperti Pop-up handle yang dibuat rata dengan panel tetapi bisa langsung muncul ketika tangan mendekat.

Spion konvensional juga absen dari tampilan, diganti fitur Camera Mirror System berupa kamera kecil yang disiarkan melalui layar dalam kabin.

Kabinnya pun walau didesain simple, mirip lounge dengan layar sentuh dual screen yang intuitif dan besar memanjang hampir selebar dasbor.

Ini diklaim berguna agar penumpang lebih aktif membantu pengemudi dalam berkendara.

Lalu, hadir pula teknologi AI (Artificial Intelegence) alias kecerdasan buatan dalam wujud Honda Personal Assitant untuk membantu pengemudi agar lebih aman dan nyaman berkendara, sekaligus menghubungkan mobilitas dan aktifitas kehidupan sehari-hari dengan baik.

Baca juga

Kendaraan Timeless Masa Depan

“Desain ini dibuat agar tidak terikat oleh waktu atau timeless. Sehingga tetap bisa diterima kapan saja,” ungkap Tomofumi Ichinose, Chief Engineer Technical Planning Honda R&D Co.,Ltd.

Gak hanya itu, Honda juga menargetkan mobil yang sebelumnya sudah meluncur perdana di ajang Frankfrut Motor Show 2019 untuk Pasar Eropa ini sebagai kendaraan urban masa depan. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan