Komunitas, Motor, News, Tips

Kenapa Ban Motor Pelek 16 Inci Susah Dicari?

ban pelek 16 inci

Beda halnya ban skutik dengan lingkar 13 dan 14 inci yang masih banyak tersedia di pasaran, ban motor pelek 16 inci justru lebih susah dicari. Kenapa?

Kawan Parjo pemilik Yamaha Nouvo, Suzuki Skywave, atau ban depan Piaggio Liberty yang notabene pakai pelek 16 inci pasti bertanya-tanya juga soal itu.

Nah, Byon Aryawan, salah satu pemilik Yamaha Nouvo generasi awal atau biasa disebut Nouvo lele mewakili pandangan kalian.

Kendati sadar populasi motornya sudah gak terlalu banyak, Byon sempat mengeluhkan soal ban ukuran 16 inci yang kini makin langka, sedangkan harga ban luar perlahan mulai mahal.

“Ban dalamnya susah. Perlahan juga mulai susah ban luarnya. Ya namanya komponen, makin tua, discontinue makin naik harganya,” ujar anggota komunitas C’Duck Astrea ini memaklumi.

Sebagai gambaran, harga ban luar 16-inci merek Maxxis lambat laun memang naik. Dulu harga Rp300.000 sudah dapat sepasang, tapi sekarang mencapai Rp450.000.

Baca juga

Tanggapan Produsen

Gak jauh beda dari perkiraan Byon soal motor pelek 16 inci  beserta komponennya yang makin sedikit, salah satu produsen ban, IRC Tire angkat suara menanggapi kesulitan tersebut.

“Kita masih produksi, untuk ban dalam maupun ban luar. Tapi memang tidak banyak karena permintaannya juga tidak banyak,” ujar Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire.

Bahkan produsen ban FDR mengonfirmasi bahwa pihaknya gak lagi memproduksi ban ukuran 16 inci untuk motor. Yang ada hanya untuk prototipe Kompetisi Mobil Hemat Energi.

“Karena dengan kapasitas yang ada kita fokus untuk pasar yang lebih besar seperti ban untuk lingkar 12 inci, 13 inci, 14 inci, dan ban 17 inci,” kata Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR.

Siasat dan Solusi

Dodi bilang, jika memang dirasa sulit sebaiknya cari ban 16 inci di MotoXpress. Gerai resmi milik IRC ini menjual ban produksi IRC secara lengkap dengan skema COCO (Company Owned Company Operated).

“Di sana lengkap. Tapi ya bisa juga kosong, tapi kemungkinan besar ada. Karena tetap kita akomodasi yang 16 inci,” yakin Dodi.

Siasat lain jika solusi pertama gak berhasil, yaitu pakai ban tubeless.

Menurut Byon siasat mengakali ban dalam pakai tubeless cukup efektif walau ada risikonya. Yakni harus menggunakan pelek palang, sebab Nouvo lele aslinya masih jari-jari.

“Motor saya peleknya saya pakai punya Nouvo Z, karena untuk harian dijadikan ban tubeless lebih aman. Aslinya semua Nouvo lele peleknya jari-jari. Masuk pakai Z baru tubeless. Safety first,” terang Byon.

Baca juga

Sebagai tambahan, Zulfikar Husein, pemilik Suzuki Skywave 2009 yang juga mengaku kesulitan mencari ban pelek 16 inci, menyarankan pakai ban tubeless merek Swallow biar lebih aman.

“Agak susah memang ban 16 inci terutama ban dalam. Kalau saya pakai ban tubeless karena Skywave punya saya sudah pakai pelek palang jadi lebih mudah. Tapi ban luarnya juga tidak semua toko jual,” tandasnya.

Terakhir, mengingat gak semua toko juga menjual ban luar, Byon menganjurkan mau gak mau konsumen wajib nyetok 2 set untuk simpanan seandainya menemukan komponen yang sulit. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan