Aftermarket, Kustom, Motor, Tips

Jangan Sembarangan Ganti Selang Radiator Motor

selang motor radiator

Kawan Parjo yang mau upgrade selang radiator motor dengan produk aftermarket jangan sembarangan. Sebelum mengganti perhatikan dulu beberapa hal berikut biar gak tertipu dan tetap aman. 

Baca juga

Awas Palsu

Selang radiator aftermarket biasanya diburu karena warnanya lebih menarik alias gak cuma hitam, dan bentuknya unik.

Namun, saat ini tengah marak selang radiator aftermarket KW atau palsu yang jelas berbahaya. Bahkan banyak juga yang mencatut nama merek beken dan dijual bebas di pasaran.

Hindari Selang Meteran

Hasil gambar untuk selang radiator motor meteran

Hilarius Eduard, mekanik dari Jaya Motor yang akrab disapa Edu mengatakan, cara pertama menghindari selang palsu adalah gak membeli selang meteran.

Selang radiator ini cukup unik karena dijual meteran. Kita bisa memotong sendiri ukurannya sesuai yang akan digunakan pada motor.

Masalahnya, lanjut Edu, selang meteran yang bisa dipotong-potong pasti bahannya gak jelas dan gak kuat. “Yang ada nanti malah jebol selangnya. Sebab slang KW ini tidak tahan panas,” ujarnya.

Sedikit gambaran, suhu air radiator ketika mesin bekerja akan meningkat di atas 80 derajat. Jika selang gak kuat menahan panasnya air radiator yang mendinginkan mesin, akibatnya selang bocor dan air radiator kering.

Efek radiator kering bisa bikin mesin jebol terutama untuk mesin-mesin bore up. Lebih bahaya lagi jika selang sampai pecah dan akhirnya mengenai tubuh bikers.

Pentingkan Keamanan

Mengingat konsekuensinya bisa fatal, Kawan Parjo yang cuma berniat mengganti selang radiator demi mendongkrak tampilan, sebaiknya tetap pakai standar pabrikan saja biar lebih aman.

Pun jika ingin mengganti pakai produk aftermarket sebetulnya boleh-boleh saja.

Syaratnya, “Hanya pergunakan selang dari merek yang benar-benar sudah teruji kualitasnya. Sesuai pepatah, harga tentunya menentukan kualitas,” kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki.

Baca juga

Beda Asli dan Palsu

Biar gak salah pilih, ada 2 cara membedakan selang radiator motor aftermarket asli dan palsu.

Pertama, cek bahan, bentuk, dan tekukannya.

Bentuk selang asli biasanya sudah sesuai selang radiator standar. Antara tekukan selang dan panjang pendeknya sudah disesuaikan dengan jenis motor tertentu.

Sementara bahan selang palsu kerap terlihat kurang bagus. Lalu kalau ditekuk seperti selang biasa, padahal jalur selang gak boleh tertekuk sembarangan karena bisa menghambat laju air radiator.

Kedua, cek harga.

Soal harga asli dan palsu biasanya terpaut jauh. Harga wajar selang radiator motor asli bisa jutaan, sedangkan palsu cuma ratusan ribu. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan