Design trends, Motor, News

Yamaha Grand Filano, Skutik Langka Unik Kini Jadi Pajangan Dealer

yamaha grand filano

Kalo Kawan Parjo masih ingat, tahun 2015 silam Yamaha Grand Filano dijual pertama kali di Indonesia dalam jumlah terbatas.

Cuma 350 unit. Setahun setelahnya, jumlah motor ini di dealer hanya tinggal hitungan jari dan gak pernah diimpor lagi.

Siapa sangka, kini motor langka itu malah jadi pajangan sekaligus contoh custom paint dealer Harapan Motor Painting Shop. Dealer resmi Yamaha ini memang punya bengkel custom paint dan menyediakan ruang show off bike.  

Padahal, kalo melihat track record dan spesifikasinya yang unik dibanding motor-motor sepantarannya, skutik ini besar kemungkinan jadi buruan para kolektor.

“Bentuknya retro gitu, seperti Vespa tapi tetap ada sentuhan modernnya,” ungkap Ruslan Maulana alias Uchan, Area Sales Manager Yamaha Harapan Motor, yang juga pemilik Grand Filano pajangan.

Baca juga

Skutik Premium Istimewa

Sejak pertama meluncur, skutik di kelas premium ini memang istimewa. Selain mengusung tema retro elegan,

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membawanya langsung dari Thailand ke Indonesia secara impor utuh (Completely Built-Up/CBU).

Fisik Menawan

Secara menyeluruh, Yamaha Filano memadukan konsep futuristik dan klasik.

Bagian depannya paling kental nuansa klasik dengan desain lampu berbentuk segitiga, tapi ketiga sisinya melengkung ke bagian luar. Khas skutik retro Italia.

Bagian panel dasbornya pun didesain minimalis ala konsep retro, meskipun sejumlah fitur di dalamnya sudah canggih.

Jika dilihat dari samping, desainya mirip Piaggio Zip. Bodi sampingnya berbentuk tabung setengah lingkaran yang berakhir dengan sudut lancip pada bagian buritan.

Sementara bagian belakangnya berkesan futuristik lewat desain lampu berbentuk V dipadu lampu sein berbentuk unik dan elegan.

Lalu untuk menunjaang kenyamanan berkendara, permukaan pijakan kakinya dibuat rata.

Spek Mesin

Yamaha Filano dibekali mesin CVT, dan merupakan produk pertama Yamaha yang telah mengusung teknologi Blue-Core sehingga lebih bertenaga dan irit bahan bakar.

Tenaga maksimalnya 8 Dk diperoleh pada 6.500 rpm, sedangkan torsi maksimumnya sebesar 9,7 Nm pada 5.000 rpm.

Itu serupa dengan motor matic 125 cc Yamaha lainnya semisal Mio M3, Mio S, Soul GT 125, Yamaha X-Ride 125 dan Yamaha FreeGO.

Makanya beberapa spare part Filano bisa substitusi dengan Yamaha Mio M3. Bedanya, kemampuan seperti itu sudah ada di skutik keluaran 4 tahun silam .

Tangki Depan, Bagasi Besar

Yang gak kalah mencuri perhatian adalah posisi tutup tangki bahan bakar. Letaknya di dasbor depan sisi kiri mirip Yamaha Freego saat ini.

Artinya, jauh sebelum FreeGo mengaspal di Indonesia, Yamaha Grand Filano sudah mengusung bentukan mutakhir itu.

Kapasitas bagasinya juga lumayan besar, dengan daya tampung 27 liter.

Jadi gak heran jika Yamaha Grand Filano saat meluncur pertama di PRJ 2015 ditawarkan Rp28 juta, lebih tinggi dari Yamaha NMAX ABS yang dibanderol Rp27,9 juta dan Yamaha NMAX biasa yang dibanderol Rp23,5 juta. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan