Kustom, Motor, News

Ketika Honda Beat Diubah Jadi Boardtracker

Mungkin tak banyak builder yang menggunakan basis motor skutik untuk dijadikan motor custom bergaya Boardtracker. Tapi bengkel asal Surabaya, Alpha Sierra Custom, berani melakukannya.

Adalah Agus, sang builder yang membangun motor custom bergaya boardtracker ini dengan basis motor matik. Tepatnya dari motor Honda Beat.

Baca juga

Sempat Ganti Konsep

Motor Honda BeAT tahun 2015 milik Agus ini sebenarnya telah menjalani 2 konsep, tapi akhirnya konsep Boardtracker yang dipilih. Hingga akhirnya Agus menamai motor ini dengan jukukan ‘Ibra’.

Agus pun mulai mengerjakan rangka dari material stainless steel tipe 304 low carbon. Sementara untuk kaki-kakinya berbahan alloy yang dikustom, tromol ring 12 dan bannya ring 21.

”Itu dari pelek matik model monoblock. Konsepnya classic hubless,” jelas Agus.

Agus membeberkan bahwa proses tersulit dari membangun skutik kustom boardtracker ini saat membuat rangkanya. Sebab, material yang digunakannya memang sulit untuk di-roll maupun saat pengelasan.

Agus melihat garapan bengkel-bengkel custom seperti Chicara, Kromworks, dan Chrome Cycle, sebagai referensi dan sumber inspirasi.

Mesin Campuran Beat dan Tiger

Hal lain yang menjadi keunikan motor ini ada pada bagian mesinnya yang merupakan perkawinan dari Honda Beat dan Honda Tiger yang diubah menjadi 225 cc.

Nah, untuk membangun mesin yang lumayan unik itu, Agus membutuhkan waktu tak kurang dari 6 bulan. Dengan rincian, proses mesin sekitar 3 bulan dan proses lainnya juga 3 bulan.

Pengerjaan Malam Hari

Agus menjelaskan bahwa proses pengerjaan motor ini hanya dilakukan malam hari, karena pada siang harinya ia harus kerja. Agus pun dibantu rekannya Jhony untuk merampungkan motor tersebut.

”…Karena paginya kita berdua harus kerja. Saya mengajar hardware dan software programming di IT khusus GSM mobile,” jelas Agus.

Baca juga

Diganjar Penghargaan

Motor garapan Agus akhirnya mendapat penghargaan, yakni sebagai juara 2 kelas Nitrohead FFA di Kustomfest 2019, juara 1 kelas FFA di Honda Modif Kontes (HMC) 2019.

Tak hanya itu, Ibra juga menjadi juara 1 kelas FFA di Suryanation Motorland 2019. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *