Motor, Tips

Mengenal Jenis Konfigurasi Mesin Motor #1

Berbicara soal motor, tentu tak melulu berbincang soal kapasitas mesin (cc), tapi hal yang gak boleh dilewatkan juga soal konfigurasinya.

Di Indonesia, lazimnya masyarakat umum hanya mengenal dengan 3 tipe mesin, yakni 1-silinder, 2-silinder, dan 4-silinder.

Padahal, mesin motor banyak sekali ragamnya yang tentu akan berpengaruh kepada cara berkendara alias riding style saat mengendarai motor.

Lantas, sebenarnya apa aja sih konfigurasi mesin motor yang beredar di seluruh dunia? Simak ulasan berikut kawan.

Baca juga

Mesin 1-silinder

Mengenal Berbagai Jenis Konvigurasi Mesin Motor

Jenis mesin ini merupakan jenis mesin yang umumnya digunakan oleh semua model motor, mulai dari motor sport sampai motor matik.

Umumnya, mesin 1-silinder berada dalam kategori motor dengan cc kecil, mulai dari 100 cc hingga 250 cc.

Umumnya, pabrikan yang memasangkan mesin ini kepada motor mempertimbangkan soal bobot motor itu sendiri.

Keunggulan (+)

  • Bobot yang dimiliki rendah
  • Perawatan gampang
  • Torsi besar diputaran bawah
  • Getaran kecil pada putaran bawah (low RPM)

Kekurangan (-)

  • Top speed kurang
  • Getaran tinggi pada putaran atas (high RPM)

Mesin 2-silinder Inline

Mengenal Berbagai Jenis Konvigurasi Mesin Motor

Mesin ini dibuat untuk menjadi solusi strategis bagi konfigurasi mesin. Dengan ongkos produksi rendah, perawatan mudah, namun menawarkan sesuatu yang beda dari mesin 1-silinder.

Motor paling poluler di Indonesia yang menggunakan mesin ini adalah Kawasaki Ninja 250R, Kawasaki ER-6, dan Honda CBR 250RR.

Keunggulan (+)

  • Top end power cukup baik
  • Maintenance rendah
  • Torsi merata di putaran bawah, tengah, atas
    mudah di upgrade
  • Getaran merata di putaran bawah, tengah dan atas

Kekurangan (-)

  • Suara motor khas tapi tidak “berkarakter”
  • Jika dilakukan head to head, tidak akan menang dibandingkan konfigurasi mesin lainya yang berkarakter
    sering kali dianggap “cheap twin engine”

Mesin 3-silinder Inline

Mengenal Berbagai Jenis Konvigurasi Mesin Motor

Mesin 3-silinder di era modern dipopulerkan oleh Triumph melalui Triumph 675 Daytona (supersport) dan varian Tiger dan Street Triple.

Lain itu ada juga dari merek MV Agusta dengan MV Agusta F3 675 (supersport) dan Brutale 675.

Terdengar ganjil, tapi dengan silinder ganjil ini tetap banyak keunggulanya. Yakni memaksimalkan antara kombinasi torsi dan tenaga pada putaran atas.

Keunggulan (+)

  • Getarannya halus
  • Mengkombinasikan keunggulan mesin 2-silinder dan 4-silinder
  • Center of gravity baik
  • Responsif namun tidak liar

Kekurangan (-)

  • Suara mesin rada aneh
  • Kurang populer

Baca juga

Mesin 4-silinder Inline

Mengenal Berbagai Jenis Konvigurasi Mesin Motor

Mesin ini lazim digunakan oleh seluruh tipe sportbike dan superbike, kecuali oleh Ducati dan Aprilia. Karakter mesin ini cukup terkenal, karena suaranya yang membulat dan merdu.

Secara umum, mesin ini lebih banyak unggulnya ketimbang minusnya, dan menawarkan value for money terbaik.

Ini adalah konfigurasi mesin paling efisien, baik segi biaya produksi, power, torsi, maupun bobot. Tak heran mesin 4-silinder kondang dikalangan biker.

Keunggulan (+)

  • Suara mesin amat merdu
  • Top end powernya maksimal
  • Getaran mesin sangat halus
  • Konfigurasi mesin fleksibel
  • Biaya produksi relatif rendah
  • Biaya perawatan masih terjangkau.

Kekurangan (-)

  • Torsi tak terlalu responsif

Bersambung… (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan