Motor, Tips

Mengenal Jenis Konfigurasi Mesin Motor #2

Jika sebelumnya dijabarkan soal karakter dan konfigurasi mesin motor yang masuk kategori 1, 2, 3, 4, silinder segaris, kali ini akan membahas mesin dengan konfigurasi yang unik dan berbeda.

Baca juga

Mesin V-Twin

Mengenal Berbagai Jenis Konvigurasi Mesin Motor

Adalagi mesin 2-silinder namun memiliki bentuk V, karenanya umum disebut sebagai mesin V-Twin.

Mesin V Twin menjadi ciri khas motor muscle dan cruiser buatan AS. Lihat saja Harley Davidson dan Victory Motorcycle.

Mesin V twin khas amerika, memiliki karakteristik unik, yakni memiliki getaran yang tinggi serta suara yang menggelegar.

Keunggulan (+)

  • Suara mesin yang khas
  • Getaran mesin menjadi identitas motor tersebut
  • Torsi berlimpah + bobot berat menjadi terkontrol

Kekurangan (-)

  • Panas di selangka kaki
  • Getaran ada di setiap putaran

Mesin V-Twin 60 Derajat

Pabrikan motor pengguna mesin V-Twin ternyata hadir juga di Italia. Motoguzzi namanya, namun tak seperti Harley-Davidson atau Victory, Motoguzzi mesin V-Twin dengan sudut 60 derajat melintang.

Bentuk silindernya memang mirip konfigurasi mesin biasa, namun posisinya melintang bentuk mesin terlihat unik yang menjadi ciri khas motor ini.

Kelebihan (+)

  • Getaran mesin khas
  • Mesin terlihat amat berkarakter
    Tak panas di selangka
  • Distribusi tenaga cukup halus

Kekurangan (-)

  • Ongkos produksi tinggi
  • Center of gravity tinggi
  • Tenaga top end kurang

Mesin L-Twin

Bagi Ducati dan Aprilia, menggunakan mesin L-Twin 90 derajat memang sudah menjadi ciri khas.

Meski mesin L-Twin bukan hanya digunakan oleh Ducati, namun karena menggunakan sistem desmodromic, tak heran akhirnya produk mesin ini identik dengan pabrikan Italia itu.

Keunggulan (+)

  • Suara mesin dan knalpot yang khas dan berkarakter
  • Enak diajak nikung

Kekurangan (-)

  • Biaya perawatan amat tinggi
  • Torsi terlalu liar
  • Getaran terasa disemua putaran
  • Gampang mudah overheat di kecepatan rendah
  • Posisi mesin amat memakan ruangan pada frame motor

Mesin Boxer

Mesin Boxer memang identik dengan motor BMW yang merupakan basis dari pengembangan mesin pesawat terbang.

Bagi sebagian bikers, akan terasa seperti mengendarai mobil ketika berkendara dengan mesin ini. Tenaga di putaran bawah amat halus namun tetap amat bertenaga.

Keunggulan (+)

  • Bentuk mesin sangat khas
  • Sangat Reliable
  • Torsi tersedia di semua putaran
  • Penyaluran tenaga halus
  • Tidak mudah panas
  • Hemat BBM
  • Suara mesin halus

Kekurangan (-)

  • Ongkos produksi mesin amat mahal

Baca juga

Mesin V4

Umumnya mesin ini digunakan untuk balap motor, sebuat saja Honda RC213V, Suzuki GSX-R, dan sebagian besar motor CRT.

Tapi untuk motor yang diproduksi massal, Honda VFR dan Aprilia RSV4 pun menggunakannya. Meski sebenarnya basis motor ini motorsport juga.

Jika mesin L-Twin menawarkan torsi melimpah, dan mesin V-Twin menawarkan hal serupa, nah mesin V4 merupakan konfigurasi 2x lipat mesin V-Twin. Bisa kebayang dong tenaganya?

Keunggulan (+)

  • Power berlimpah disetiap putaran
  • Torsi berlimpah disetiap putaran
  • Mesin sangat responsif
  • Centre of gravity berada di titik optimal
  • Konfigurasi mesin mudah diubah
  • Top end power dan Torsi maksimal

Kekurangan (-)

  • Biaya produksi mahal
  • Perawatan tinggi
  • Sulit digunakan pada kecepatan rendah atau harian
  • Mesin sangat panas

(man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan