Kustom, Motor, News

Gokil! Buat Perang Vespa Ini Dipasangi Meriam

Apa yang Kawan Parjo bayangkan jika sebuah skuter Vespa dipasangi meriam untuk kebutuhan perang? Jawabannya ya gokil banget.

Adalah Vespa 150 TAP yang jika diterjemahkan merupakan kepanjangan dari Troupes Aéro Portées (TAP) yang memang sengaja diciptakan untuk kebutuhan angkatan perang negara Prancis.

Baca juga

Dibuat Gak Sembarangan

Bukan sulap bukan sihir kawan, Vespa ini dipasang meriam M20 75 mm recoilless yang memiliki kemapuan menghancurkan armor tank setebal 100 mm. Beuh!

Hanya diproduksi sebanyak 600 unit, Vespa 150 TAP dikerjakan oleh ACMA (Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles) yang merupakan perakit motor Vespa di Prancis.

Pembuatan skuter Vespa ini bukan tanpa alasan. Menurut sejarahnya, saat itu angkatan perang Prancis membutuhkan kendaraan tempur (ranpur) untuk melakukan perang gerilya saat Perang dengan Aljazair di medio 1954-1962.

Secara spesifikasi, Vespa 150 TAP dibekali mesin 146 cc yang mengambil basis mesin Vespa 125. Meski begitu, kecepatan maksimalnya hanya 64 km/jam karena tentunya beban berat yang diusungnya, yakni meriam.

Baca juga

Kendaraan Tempur Portable

Kemampuan lain dari Vespa 150 TAP ini adalah sebagai merupakan ranpur portable yang dapat diterjunkan dari udara.

Untuk operasi meriamnya, operator harus mengubah arah meriam ke objek, untuk kemudian baru disulut.

Tentunya untuk menembakkan meriam, Vespa harus dalam posisi diam, tak bisa sambil jalan. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *