Kustom, Motor, News

Royal Enfield Taurus, Si Lawas Bermesin Diesel

Restorasi dan modifikasi atau biasa dikenal dengan istilah Restomod memang saat ini sedang tren dilakukan untuk motor-motor lawas.

Tujuannya agar tongkrongan motor kembali tampil menarik perhatian seperti masa jayanya.

Seperti yang dilakukan ParPin’s Garage dari Gujarat, India. Bengkel itu membangun ulang sebuah varian Royal Enfield lawas bermesin Diesel.

Baca juga

Irit Bahan Bakar

Namanya Royal Enfield Taurus, atau Bullet Diesel. Motor ini sejatinya diluncurkan tahun 1993 yang dibekali mesin diesel 325 cc dengan rangka mirip dengan Royal Enfield Bullet 350.

Kenapa mesin Diesel? Mesin diesel 325 cc ini diklaim punya potensi besar terutama soal keiritannya.

Karena irit, tentunya tak bisa mengharapkan tenaga yang buas. Tenaga motor ini cuma 6,5 dk di 3.600 rpm dan torsi maksimum 15 Nm di 2.500 rpm.

Royal Enfiled mengkalim motor ini sanggup melakoni jarak tempuh sejauh 70 km hanya dengan 1 liter solar. Dan, ini adalah salah satu motor yang paling irit pada masanya.

Sayangnya, karena terbentur aturan emisi Euro-4, akhirnya motor ini tak diproduksi lagi.

Restorasi Total

Sejatinya, motor yang dulu dipasarkan khusus di India ini mendapat restorasi total. Semua elemen bodi dibuat seperti aslinya, bahkan hingga desain joknya tak berubah.

Untuk mengentalkan aura orisinalitas ala Royal Enfield Bullet, ParPin’s melabur motor ini dengan kelir hijau army doff dan hitam.

Kemudian bentuk knalpot yang dicustom juga mengikuti model aslinya, hanya saja warnanya bukan chrome, tapi hitam.

Baca juga

Upgrade Kekinian

Meski tampil layaknya motor lawas, namun pada bagiabagian tertentunya juga sentuh aura modern. Misalnya pelek yang aslinya jari-jari diganti dengan pelek cast wheel (palang) warna hitam

Secara historis tamilan, motor ini tentu memberikan aura klasik tersendiri, namun untuk terus bernafas di era modern, beberapa elemen memang dilakukan penyesuaian sesuai perkembangan zaman. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *