Motor

Nostalgia dengan Motor Sport Suzuki Terkencang di Zamannya

Kawan Parjo yang menyukai motor-motor lawas, tentu mengenal salah satu motor sport yang paling populer di era 90-an. Namanya Suzuki RGR 150.

Suzuki RGR 150 dihadirkan untuk menantang Yamaha RX-Z yang lebih dulu dihadirkan Yamaha. Keduanya sama-sama mengusung mesin 2-tak.

Baca juga

Saat pertama dihadirkan di Indonesia, Suzuki menhadirkan varian RGR 150 Sprinter. Motor ini cukup mudah dikenal dengan ciri lampu belakang yang mengotak, mirip Honda NSR Astra 150 yang hadir setelahnya (1993).

Motor iitu pun berstatus impor, alias CBU yang didatangkan langsung dari Thailand.

Di Thailand, motor ini bernama RG-V 150SS, yakni keluarga RG-V generasi kedua setelah sebelumnya melansir RG-V 150S (1985-1991).

Menarik Perhatian Penggila Kecepatan

Ketika meluncur di Indonesia, RGR 150 langsung menarik perhatian penggila kecepatan. Sosoknya yang ringkas dengan mesin yang terbilang terbaik di kelasnya, langsung menjadi tolok ukur para bikers.

Secara fisik, dengan model half fairing motor ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung mesin.

Sementara bentuk rumah lampu depan sedikit mengingatkan pada Suzuki Katana yang diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Secara spesifikasi, motor ini mengusung mesin 150 cc, 15 cc lebih besar dari RX-Z yang hanya 135 cc.

Nilai tambah lainnya adalah motor ini menggunkaan konsep suspensi tunggal pada bagian belakangnya, bukan suspensi ganda seperti yang digunakan Yamaha RX-Z.

Regenerasi Produk

Kemudian pada 1993, Suzuki mengganti varian RGR 150 Sprinter dengan generasi baru, yakni RGR 150 Crystal.

Tampilan Suzuki RGR 150 Crystal tentunya lebih modern. Yakni sudah mengusung full fairing dan pembaruan bentuk pada lampu belakang yang lebih membulat.

Pada 1995, kembali Syzuki melakukan regerasi produk dengan pendatangkan RGR Tornado yang secara fisik lebih mengutamakan aerodinamika.

Karenanya model ini tak memiliki sudut-sudut tajam ketimbang model-model sebelumnya.

Baca juga

Selain itu, RGR Tornado juga mengusung beberapa teknologi canggih di dalamnya, sebut saja teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dan SSS (Suzuki Super Scavenging System).

Teknologi SIPC adalah elemen pengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Sementara SSS berfungsi memberi asupan udara lebih besar ketika mesin meraung di rpm tinggi. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan