Motor, Tips

Jangan Anggap Sepele, Lampu Sein Motor Mahal Harganya

Perangkat ini umumnya terletak di bagian depan dan belakamg motor, ada yang terpasang terpisah dengan menempel di bodi motor, atau menyatu dengan lampu utama.

Nah, buat Kawan Parjo yang motornya memiliki lampu sein yang terpasang secara terpisah, ada baiknya melakukan perawatan apik agar tetap berfungsi maksimal.

Baca juga

Jangan Diabaikan

Jika Kawan Parjo memerhatikan bikers lain, tak sedikit yang mengabaikan konsidi lampu sein motor. Ada yang dibiarkan patah, bahkan ada yang membiarkan menggantung di bodi motor dengan kabel yang terurai.

Padahal, lampu sein cukup vital penggunaannya. Karena vital itulah harganya cukup mahal.

Misalnya untuk lampu sein LED Honda CB150R saja, satuannya bisa mencapai Rp117 ribu. Mahal banget kan ya.

Tak heran memang, saat ini hampr semua motor menggunakan lampu sein model LED karena dinilai lebih efisien dan tahan lama. Pendek kata, gak ada lagi penggunaan bohlam yang gampang putus.

Tapi jika tak terawat, maka fungsinya juga akan erkurang, bahkan tak akan berfungsi maksimal sama sekali.

Rusaknya lampu sein LED juga berpengaruh kepada tegangan listrik motor secara keseluruhan.

Rusak, Bisa Kena Tilang

Kenapa lampu sein harus dirawat agar berfungsi maksimal? Jawabannya sederhana, untuk mengoptimalkan navugasi motor, sehingga pergerakan motor dapat dibaca oleh pengendara di belakang, atau di depan.

Tak berfungsinya lampu sein juga berdampak pada pelanggaran aturan lalu lintas. Jika lampu sein rusak, maka pengendaranya berpotensi bisa kena tilang polisi.

Baca juga

Penggunaan lampu sein diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 112 ayat 1.

”Pengemudi Kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi Lalu Lintas di depan, di samping, dan di belakang Kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.”

Jika abai, sanksinya gak main-main kawan, pegendara wajib membayar denda pelanggaran hingga mencapai Rp250 ribu. Jika nggak unya uang, maka bakal digantui dengan hukuman kurungan maksimal 1 bulan lamanya.

Nah, dari penjelasan tadi, Kawan Parjo masih abai dengan lampu sein motor? (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan