Motor, Tips

Ternak Motor 2-tak? Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini

Kawan Parjo pemilik atau peternak motor 2-tak, tentunya harus lebih memerhatikan soal perawatan. Soalnya, motor ini tak lagi lazim jadi perawatan utama bengkel resmi motor.

Pendek kata, kudu pinter-pinter deh merawat motor yang teknologinya sudah cukup langka ini.

Baca juga

Bukan Motor Biasa

Memiliki motor sport 2-tak jadul boleh jadi bangga, karena kelangkaan motor ini yang mengaspal di jalan raya.

Karenanya, karena tak umum, perawatannya juga jangan disamakan dengan motor pada umumnya yang saat ini umum menggunakan teknologi injeksi 4-tak.

Motor 2-tak jadul cukup banyak yang beredar di Indonesia pada masanya, sebut saja Honda NSR 150, Suzuki RGR 150, Suzuki Satria 120, Yamaha RX-Z, Yamaha RZR, Yamaha Touch, Yamaha TZM 150, Yamaha RX-King, dan Yamaha F1ZR.

Lain itu ada Kawasaki Ninja 150R, dan tentunya masih banyak lagi, termasuk juga vespa klasik.

Bagi para pengguna motor-motor langka ini, kesulitan pertama mereka adalah soal ketersediaan suku cadang, alias sparepart.

Meski ada, tentu harganya cukup mahal, karena didatangkan dari luar negeri, semisal Thailand, atau Vietnam.

Karena cukup sulit, banyak kalangan bikers motor 2-tak yang melakukan kanibal terkait sparepart dari motor lain. Minimal yang masih tersedia di dealer saat ini.

Baca juga

Memahami Motor

Hal yang paling mendasar yang harus dilakukan para pemilik motor 2-tak adalah memahami motornya lebih jauh serta karakter motor.

Jika nggak paham, bisa jadi korban oknum mekanik bengkel yang kerap memanfaatkan ketidaktahuan pelanggan.

Pemahaman mendasar meliputi setting karburator, oli samping, blok mesin, dan radiator, yang keseuanya menunjang performa motor. Terlebih yang masih menggunakan kopling manual. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *