Motor, News

Ada yang Bilang, Semua Motor di Indonesia Wajib Gunakan Fitur Rem ABS

Ada yang mengimbau bahwa semua motor yang beredar di Indonesia wajib menggunakan fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS).

Mereka adalah Global New Car Assesment Programme (Global NCAP). Imbauannya bukan tanpa alasan, yakni untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang sering terjadi.

Melalui kampanye #StopTheCrash, Global NCAP berkerja sama dengan ASEAN NCAP dan MIROS.

Baca juga

Bagian dari Kampanye Keselamatan

Jika pada mobil ada Electronic Stability Control (ESC), Autonomous Emergency Braking (AEB), serta Blind Spot Detection (BSD). Maka pada motor disarankan menggunakan teknologi ABS.

Global NCAP menilai, teknologi itu berpotensi menyelamatkan ribuan bikers setiap tahun.

“…Pada kesempatan ini, kami memberikan fokus khusus untuk keselamatan di sepeda motor dengan membenamkan Blind Spot Warning dan ABS,” kata David Ward, President of Global NCAP and Chairman of the Stop The Crash Partnership.

“Sistem keselamatan ini sangat penting digunakan di Indonesia dan melalui regional ASEAN, pengendara motor dan moped secara tidak proporsional terwakili dalam kecelakaan lalu lintas,” lanjutnya.

Baca juga

Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Khairil Anwar bin Abu Kassim, menjelaskan, kampanye #StopTheCrash di Indonesia merupakan yang ketiga setelah dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2016 dan Bangkok, Thailand pada 2017.

“Kampanye ini diluncurkan di Bali, berkolaborasi dengan ASEAN NCAP. Kami berharap niat baik ini bisa menjadi katalis buat pemerintah Indonesia untuk lakukan inisiasi upaya yang sama,” pungkasnya. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *