Motor, Tips

3 Lokasi yang Sering Dipakai Bikers Berteduh Saat Hujan, Padahal Membahayakan

Lazimnya musih hujan, maka para bikers yang menggunakan motor sebagai aktivitas keseharian sudah sepatutnya membawa jas hujan.

Nyatanya masih banyak bikers yang enggan membawa jas hujan pada musim hujan ini. Nah, pas hujan turun deras, barulah mereka mencari lokasi untuk berteduh.

Padahal menurut beberapa pengamat transportasi dan keselamatan lalu lintas, berteduh sembarang berpotensi membahayakan.

Baca juga

Tanggapan Pengamat

Penggiat kampanye keselamatan berkendara, Jusri Pulubuhu yang merupakan Founder dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pun angkat bicara.

Ia mengatakan bahwa kebiasaan berteduh disembarang tempat tentu merupakan tindakan yang kurang bertanggung jawab.

Maksudnya adalah berpotensi mengakibatkan kecelakaan yang pada akhirnya juga bakal merugikan pengendara lain.

Ia mengatakan bahwa dalam perspektif safety riding, perilaku berhenti di jalan dengan tegas dilarang.

Meski begitu, Jusri menambahkan bahwa untuk beberapa kondisi, bikers sebaiknya memang berteduh jika hujan turun sangat deras dan disertai angin. Karena dikhawatirkan justru membahayakan keselamatan.

3 Lokasi Favorit

Nah, berikut beberapa lokasi favorit bagi bikers untuk berteduh saat hujan:

  • Di terowongan underpass,
  • Di kolong jembatan, dan
  • Di pinggir jalan.

Berteduh di underpass atau terowongan menurut Jusri cukup membahayakan, karena memang lazimnya underpass atau terowongan tak memiliki area khusus untuk pejalan kaki.

Akibatnya bisa ditebak, segerombolan motor yang parkir di kolong underpass bakal mempersempit arena jalan untuk tempat berlalu lalangnya mobil.

Tak sedikit kasus motor tertabrak mobil ketika sedang diparkir di pinggir jalan terowongan underpass karena jalurnya yang menyempit.

Kemudian berteduh di kolong jembatan. Meski tak beda jauh dengan kondisi terowongan underpas, umumnya kolong jembatan memiliki trotoar untuk pejalan kaki. meski begitu tetap saja Jusri tak menyarankan karena berdampak pada lalu lintas.

Ia mengatakan bahwa seringnya kemacetan terjadi jelang kolong jembatan saat hujan dikarenakan banyak mobil yang tak dapat melintas dengan maksimal.

Dari pada di kolong jembatan, mending di halte yang kondisinya jauh lebih aman. Begitu sarannya.

Baca juga

Yang terakhir adalah di pinggir jalan, atau persinya di depan rumah orang atau di depan ruko. Bagi Jusri, jika motor tak diparkir ada tempatnya juga berpotensi membahayakan.

Sebagai saran terakhir, Jusri menyampaikan jika pada musim hujan para bikers harus lebih menyiapkan perkakas pelindung hujan, mulai dari jas hujan, pelindung sepatu, cover bag untuk tas, dan seterusnya.

Semoga informasi dan pandangan ini bermanfaat kawan. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *