Mobil, Tips

Pentingnya Merawat Wiper Mobil di Musim Hujan

Musim hujan memang selalu menciptakan kondisi bagaimana para pemilik kendaraan harus makin peduli dengan kendaraannya.

Bagi pemilik mobil, tentunya salah satu perangkat yang cukup vital jika hujan mengguyur adalah wiper, atau penyapu kaca.

Baca juga

Tujuan Diciptakannya Wiper

Meski terkadang terlihat tak terlalu sering digunakan, wiper nyata-nyata menjadi penyelamat jarang pandang pengemudi mobil ketika terdapat kotoran atau air di kaca depan.

Sebab, tujuan dipasangkannya wiper tak lebih sebagai penjaga pandangan antara pengemudi mobil dengan objek di depannya. Sehingga pengemudi bisa menjaga visualnya dan mengemudikan kendaraan dengan semestinya.

Technical Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan pentingnya pemilik mobil untuk menjaga wiper tetap maksimal dan layak guna.

Caranya gampang kok kawan, perhatikan saja karet wiper masih lentur atau sudah getas, kemudian periksa juga lubang air untuk menyemprot kaca mobil ketika ada kotoran yang mengakibatkan tak maksimalnya jarak pandang.

Jangan Sering Terpapar Panas

Salah satu penyebab karet wiper getas atau keras adalah karena seringnya terkena panas matahari. Kaca menjadi salah satu penghantar panas yang baik bukan.

Setelah itu, jika habis dibersihkan dengan menggunakan sabun, jangan biarkan wiper dijemur terlalu lama, cukup sebentar dan angin-anginkan saja.

Baca juga

Gejala wiper getas juga cukup mudah mendeteksinya, yakni ada getaran atau bunyi berdenyit ketika wiper digunakan. Sapuan wiper kepada air juga tak maksimal.

Nah, Kawan Parjo, sebelum kejadian, ada baiknya menjegah dan merawatnya lebih dulu kan?

Semoga Informasi ini bermanfaat. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *