Mobil, Motor, News

Ini Prediksi Titik Kemacetan Liburan Natal dan Tahun Baru

Kawan Parjo, liburan Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung minggu. Tentunya bagi Kawan Parjo yang sudah menyiapkan rencana bakal liburan kemana, wajib mengetahui beberapa lokasi yang berpotensi menjadi titik kemacetan jelang liburan akhir tahun tersebut.

Terkait hal itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono, sudah mulai memetakan titik-titik potensial kemacetan.

Baca juga

Titik paling Potensial

Istiono melihat ada beberapa titik potensial rawan kemacetan di ruas Tol Cikampek, baik ketika pelaksanaan arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru, ataupun sebaliknya.

“Titik yang nanti akan kita pastikan di Km 62. Arus balik pasti ada kepadatan di sana. Kalau arus mudik, titik persinggungan nanti terjadi di Km 48 karena ada penyumbatan tol exit sedikit,” ujar Istiono, menukil NTMC Polri, Minggu (8/12/2019).

Lain itu, beberpa lokasi seperti rest area atau tempat peristirahatan juga diprediksi akan menimbulkan kemacetan.

Atas analisa itu, pihaknya juga akan melakukan pengaturan manajemen lalu lintas untuk menghindari kepadatan dan penumpukan kendaraan. Meski tentunya tak bakal seramai liburan mudik Lebaran.

Strategi Rekayasa Lalu Lintas

Namun Istiono mengaku sudah mengantongi beberapa strategi rekayasa lalu lintas. Salah satunya penerapan sistem satu arah (one way), terutama untuk arus balik.

Ia juga mengatakan khususnya di jalur tol Jakarta-Cikampek dengan adanya tol layang akan sedikit mengurai kemacetan di lajur tersebut.

“…Harapan kita dengan adanya tol elevated ini mengurangi kepadatan di bawahnya,” tandasnya.

Baca juga

Persiapan Kemenhub

Sebelumnya, dalam persiapan Tol Elevated II, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, telah memastikan bila pembukaannya akan diundur. Dari tanggal 15 Desember 2019 ke 20 Desember 2019.

Hal tersebut lantaran prediksi puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan jatuh pada 20-21 Desember 2019.

Diharapkan pengelola masih memiliki waktu untuk melakukan penyempurnaan lagi pada tol layang terpanjang di Indonesia itu. (man)

Related Posts

Leave a Reply