Motor, Tips

Jangan Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas, Ini Alasannya

Kawan Parjo, rantai motor merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan para pemilik motor. Terutama ketika musim hujan agar tetap enak dan aman digunakan.

Salah satu perawatannya adalah dengan selalu melumasi rantai motor, untuk menjaga keawetan gir dan rantai, serta menghindari dari karat akibat terkena air terus menerus.

Baca juga

Jangan Salah Melumasi

Para mekanik bengkel, mengatakan bahwa pelumasan adalah cara merawat rantai motor paling cepat dan mudah. Jika abai, maka rantai motor menjadi tergerus dan cepat rusak.

Tapi ada hal yang ditegaskan para mekanik, yakni jangan melumasi rantai motor dengan oli bekas. Umumnya para bikers melakukan hal itu guna menghemat waktu dan biaya.

Pasalnya, oli bekas memiliki kandungan kotoran mesin. Sehingga, membuat rantai justru menjadi lebih kotor saat dilakukan pelumasan menggunakan oli bekas tersebut.

Lain itu, untuk membersihkan rantai juga jangan membersihkan rantai motor dengan bensin, karena bakal membuat rantai cepat kering ketika dilumasi, sehingga membuat rantai lebih cepat aus akibat gesekan.

Baca juga

Rutin Lalukan Perawatan

Salah satu hal yang dianjurkan untuk pemilik motor adalah rutin membersihkan rantai, terutama ketika musim hujan.

Nah, ketika musim hujan, ada baiknya para bikers membersihkan rantai motor seminggu sekali, dan melumasinya dengan cara yang benar. (man)

Related Posts

Leave a Reply