Event, Komunitas, Liputan Khusus, News

4 Agenda Berantai Street Dealin XII Bakal Puaskan Penggila Street Art

Kawan Parjo, seperti yang dikabarkan sebelumnya bahwa ajang kreatif Street Dealin 12 (SD12) yang digagas komunitas street art Garduhouse akan berlangsung pada pekan ini, mulai dari tanggal 11-15 Desember 2019.

Bima, Director Street Dealin mengatakan bahwa sepanjang periode itu bakal ada rangkaian-rangkaian menarik dan atraktif yang bakal disajikan.

Dalam konfrensi pers yang berlangsung di Fotkop Cafe, Cipete, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019), Bima mengatakan;

”Kami akan menggelar rangkaian acara dengan beragam lokasi yang tentunya diharapkan bakal menjadi inspirasi di tengah ruang publik.”

Baca juga

Agenda dalam Sepekan

Bima memaparkan setidaknya ada 4 agenda yang bakal digelar di ajang Street Dealin 12.

Pada Rabu (11/12), akan dimulai dengan artist brief yang bertempat di markas Garduhouse di bilangan Kebayora Lama, Jakarta Selatan, mulai jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

Kemudian dilanjutkan dengan city tour dan secret show yang dilakukan di terowongan Kendal (Dukuh Atas, Jl Soedirman), dari jam 4 sore hingga jam 8 malam.

Besoknya, Kamis hingga Jumat (12-13/11), akan ada Your Run Camp Project yang bakal berlangsung di kawasan Kebayoran Lama RW 008, mulai pukul 9 pagi hingga jam 6 sore.

Ini merupakan ajang interaksi antara seniman street art baik yang berasal dari luar negeri maupun lokalan untuk membangun komunikasi dengan warga sekitar melalui karya seni mereka.

Kemudian acara besarnya yakni Big Bang akan berlangsung di The Space, Senayan City, jakarta Selatan, pada Sabtu (14/11), mulai dari jam 10 pagi hingga 11 malam).

Acara itu tentunya dihadiri oleh beragam artisan, tak hanya artisan street art, tapi juga musisi dan penggiat seni lainnya dalam rangkaian acara graffiti party, canstop exhibition, community bazaar, hip-hop, hingga community gathering.

Menutup pekan, Minggu (15/11), SD12 juga akan menutup rangkaian acara dengan agenda family time, yang dimulai dari jam 3 sore hingga 8 malam.

Nah, buat Kawan Parjo yang ingin terus mengikuti aktifitas rangkaian acara tersebut, bilangsung follow akun IG Street Dealin di akun @streetdealinfestival.

Dari Artisan ‘Bule’ hingga Lokalan

Dalam ajang street art tahunan ini setidaknya telah terkonfirmasi street art artist yang bakal hadir. Mereka datang dari mancanegara hingga pelaku seni lokal.

Diantaranya;

Anacathie, Freaky (Singapura), Awie (Kamboja), Cracko, Snaketwo (Malaysia), Daos501 (Vietnam), Nilone (Cina), Quiccs (Filipina), Semor (Jerman), dan Waris (Thailand).

Sementara untuk seniman lokalnya ada Aisix, Crack (Jakarta), Beat (Surabaya), Dashes (Makassar), Fivust, Whoa (Bogor), Forteslick, Stokemaki (Semarang).

Kemudian ada Indombrain (Palembang), Mars (Bekasi), Minas, Nick23, Techoo (Jogja), Paypaypow (Depok), dan Pinokibo (Cirebon).

Para seniman dikatakan bisa jadi bertambah seiring berjalannya rangkaian acara.

Lain itu, Street Dealin juga menjadi salah satu ajang untuk mengangkat ‘kelas’ para artisan lokalan.

Pendek kata, para artisan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menggambarkan hasil karyanya hingga mampu meningkatkan level karya seninya.

Dukungan Pemerintah

Yang menarik, gelaran SD12 kali ini juga mendapatkan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Para artisan itu diberi kebebasan oleh pihak pemprov untuk mendekorasi fasilitas publik dengan karya seni graffiti.

Pihak Garduhouse mengatakan gelaran mereka ini dianggap sejalan dengan program-program seni yang bakal dilakukan pihak Pemprov DKI di tahun-tahun mendatang.

”Ada sinyal positif dari pihak Pemprov DKI untuk mendukung apa yang kita lakukan,” tegas Bima.

Baca juga

Dampak Sosial

Hal lain yang menarik dari gelaran Street Dealin 12 ini adalah dampak sosial yang ditimbulkan. Tak sedikit dari warga sekitar yang terbantu secara ekonomi dengan berlangsungnya acara ini.

Pada ajang serupa sebelumnya, pihak Garduhouse selalu melibatkan warga sekitar dalam setiap acara mereka, tak terkecuali ketika menggelar Street Dealin.

Salah satu keterlibatan warga adalah dengan menyiapkan konsumsi untuk para artisan yang sedang berkarya.

Tentunya tak hanya itu, masih banyak dampak sosial ekonomi yang dihasilkan dari diselenggarakannya Street Dealin. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *