Event, Motor, News

Penonton MotoGP 2019 Drop, Performa Rossi Dikatakan Jadi Penyebabnya

Kawan Parjo yang menyukai ajang balap MotoGP tentu mengetahui jika pada 2019 ini performa legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, kurang memberikan perlawanan berarti.

Permasalahan tentu bukan hanya pada performa Rossi, motornya, maupun tim Yamaha, tapi juga pada hadirnya pebalap-pebalap baru yang naik kelas dari Moto2 ke MotoGP.

Sebut saja sang bintang Fabio Quartararo, pebalap asal Prancis dari tim Petronas yang meraih hasil gemilang sebagai pebalap pendatang baru terbaik (best rookie).

Namun, bukan Rossi namanya kalau tak memberikan dampak pada ajang MotoGP.

Dropnya performa ‘The Doctor’ dikatakan berimbas pada penurunan jumlah penonton di tribun MotoGP tahun ini.

Baca juga

Dominasi Marquez Membosankan

Selain karena Rossi, ada juga yang menyebut bahwa dominasi pebalap dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, sepanjang musim menjadi pemicu utama merosotnya jumlah penonton tahun ini.

Tahun ini Marquez memang terlalu superior, nyaris tanpa lawan. Meski sesekali Andrea Dovisiozo (tim Mission Winnow Ducati), Fabio Quartararo (tim Sprinta Yamaha) mencoba menjegalnya.

Perlawanan lain diberikan juga diberikan pebalap Maverick Vinales (tim Movistar Yamaha), dan Alex Rins (tim Ecstar Suzuki) yang mencoba memangkas dominasi itu, namun semuanya tak berarti.

Tercatat, Marquez hanya 1 kali terjatuh sepanjang 19 balapan di musim 2019 , sisanya ia selalu memasuki tangga podium.

Pembelaan Dorna

Disinggung mengenai hal itu, Dorna Sport, selaku penyelanggara MotoGP memberikan sedikit pembelaan.

“Saya kira MotoGP masih menarik untuk disaksikan,” kata Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta.

”…Marquez menang dengan cara yang luar biasa. Sejak kompetisi ini bergulir, ada beberapa periode yang dikuasai satu pembalap tertentu. Jadi, jika Marquez tampil dominan, itu merupakan hal yang normal dan biasa terjadi di kompetisi,” paparnya.

Carmelo juga mengatakan adakalanya musim balap MotoGP selalu menampilkan talenta baru, selain Marquez yang menjadi juara dunia musim ini, penonton disuguhi dengan performa apik Fabio Quartararo yang notabene berasal dari tim non-pabrikan.

Grafik Penonton MotoGP 2018 – 2019

Kembali ke jumlah penonton.

Sebagai gambaran, ada musim lalu (2018) total ada 2.884.242 penonton yang hadir dan menyaksikan langsung melalui kursi tribun.

Sementara musim 2019 tercatat 2.863.113 peonton. Ada kemerosotan hingga 21.129 penonton dari 11 lokasi gelaran balapan.

Grafik perbandingan penonton MotoGP dari tahun 2018 – 2019.

Baca juga

Penurunan jumlah penonton tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak balapan ketiga yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Amerika Serikat.

Di tahun ini, tercatat 4.582 kursi lowong di tribun trek pacu sepanjang 5,5 kilometer itu.

Penurunan drastis terjadi di sirkuit Mugello, Italia, kandang Rossi. Tak tanggung-tanggung kemerosotannya menyentuh angka 10.800 bangku kosong.

Menyusul kemudian dropnya penonton tribun terjadi di trek LeMans (Prancis), Assen (Belanda), Brno (Rep. Ceko), Redbull Ring (Austria), Silverstone (Inggris), Misano (Rep. San Marino), Aragon (Spanyol), Motegi (Jepang), dan juga Phillip Island (Australia).

Pada beberapa trek tadi penurunan angkanya hanya hanya mencapai ratusan, namun tak sedikit yang juga mencapai ribuan. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *