Liputan Khusus, Mobil

MITSUBISHI GALANT VR4 1991 – Melestarikan Mantan Juara

Kalau Anda pemerhati dan pecinta dunia rally WRC tahun ’90-an, pasti kenal dengan mobil yang satu ini. Yap, ini adalah Mitsubishi Galant VR4 yang lebih dikenal dengan nama Mitsubishi Eterna kalau di pasar Indonesia.

Galant VR4 seperti ini pernah dipakai oleh Kenjiro Shinozuka menjuarai berbagai ajang rally bergengsi sepanjang tahun ’90-an. Paduan performa mesin dan handling yang mantap jadi faktor mobil balap ini jadi favorit ketika itu.

Baca juga :

Nah, mobil yang termasuk langka ini beberapa waktu lalu terlihat di bengkel K-Zero Tuning milik Isa Surya Nurmuhammad di kawasan Tanah Kusir. “Kalau lihat kondisi awal Galant VR4 ini pasti sedih,” ujar Isa. Lho kok?

Sewaktu dibawa ownernya kesini kondisinya nggak layak jalan, suspensi berantakan, mesin gak enak, ampun deh pokoknya,” ujar Isa. Akhirnya restorasi mobil balap grup N ini pun segera dimulai.

Mesin pun langsung dibelah untuk mengganti jeroan yang sudah tidak bisa dipakai. Turbo pun diganti baru juga sampai ke bushing gardan dan body semua diganti menggunakan bahan polyurethane agar lebih awet.

Melihat interiornya juga tak kalah menyedihkan awalnya. Karena dasbor dan doortrim asli VR4 sudah terlalu rusak, maka opsi ambil dari ‘saudara kandung’ pun jadi pilihan. “Jadi dasbor dan doortrim pake punya Eterna, tapi speedometer masih punya VR4 yang ada indikator turbonya,” ucap pria yang juga pebalap ini.

Kemudian rollbar dibuat ulang menggunakan bahan pipa seamless agar lebih rapi. Jok menggunakan model semi bucket, “Ownernya mau nyaman buat dipake jalan-jalan, sampai power window dan AC juga dihidupin,” bilang Isa.

Kemudian Isa memasangkan velg Revolution yang kerap dipakai di Ford Escort Cosworth rally. “Karena PCD velgnya 4×108 dan Galant VR4 PCD 4×114, jadi yang di mobil di ubah PCD jadi 4×108 supaya bisa masuk,” jelas Isa.

Terakhir bodi di restorasi dan seluruh lampu diganti baru milik Eterna juga. Isa membuatkan desain cutting sticker ala Galant VR4 pereli legendaris Kenjiro Shinozuka agar aura rally mobil ini terlihat jelas.

Jadi kangen rally era ’90-an euy!

(SS)

Related Posts

Tinggalkan Balasan