Liputan Khusus, Mobil

TOYOTA COROLLA DX 1982 – Restomod Ala Pecinta Corolla

Toyota Corolla DX bukanlah sebuah mobil, tapi sebuah legenda. Kenapa? Karena Corolla DX ini sejak dulu pertama kali dijual di Indonesia, bahkan dunia, sejak tahun 1980 selalu laris terjual dalam kondisi apapun.
Dan pemiliknya pun sudah jelas. Kalau bukan ingin bernostalgia karena dulu pernah punya atau malah kebalikannya bisa juga karena memang menyukai mobil retro dan ada juga yang memang ingin melestarikan si legenda ini.

Salah satunya adalah Eka Putra, pemilik Corolla DX silver ini. Di rumahnya di kawasan BSD selain Corolla DX ini juga ada Corolla Altis tahun 2016. “Saya memang senang dengan Corolla,” ujarnya pendek.
Ini pun bukan pertama kalinya ia punya DX. Namun bisa dibilang ini salah satu yang terbaik dari yang ia pernah punya. “Saya merestorasi mobil ini sepenuh hati, supaya hasilnya maksimal. Selain itu supaya bisa saya pakai touring dengan teman-teman Bocah Touring Retro (BTR) yang suka touring jarak jauh! Hahaha,” gelaknya.
Coba lihat hasil restorasinya, eksterior dilabur warna silver agar terlihat bersih dan fresh. Spion ‘tanduk’ ala Corolla DX GT, bumper karet DX GT depan belakang, juga lampu belakang DX GT sudah terpasang semua. Tampak depan pakai grill dan lampu DX versi USDM.


Velgnya dipakai OEM Celica ukuran 14 inci, velg ini termasuk barang langka lho! Suspensi juga dibenahi dengan shock absorber TRD dan strutbar juga stabilizer untuk membuat suspensi jadi lebih rigid ketika melahap tikungan.
Kalau mau ikut touring, mesin harus sehat dong! “Saya ganti mesin aslinya dengan mesin 7KE, sama seperti mesin Kijang tapi sudah injection…cam juga ganti pakai Kangaroo 68 derajat, koil dan kabel busi pakai MSD, plus piggyback Dastek,” ulas pria 54 tahun ini.

Girboks juga diganti dengan W58 5 speed yang lebih panjang tarikannya. Gardan DX GT dengan final gear 4,3 plus Limited Slip Differential alias LSD juga sudah dipasang. “Enak banget sekarang buat dipakai deket atau jauh,” ujarnya dengan nada puas.
Melongok kabinnya, interior asli DX yang berwarna coklat sudah berubah jadi hitam.

“Saya ganti semuanya pakai interior DX GT orisinal, dasbor, doortrim, karpet, panel-panel plastiknya,

” ucapnya. Joknya aja pake Recaro nih!
And one of the best masterpiece has born…

Related Posts

Tinggalkan Balasan