Liputan Khusus, Mobil

SUZUKI AMENITY 1990 – Rakitan Lokal Rasa Rakitan Luar

Di era ’90-an, pasar mobil hatchback di Indonesia ada beberapa pilihan dari beberapa pabrikan saat itu. Mulai dari Toyota Starlet kapsul, Honda Civic Nouva dan Estilo, Daihatsu Charade Winner, sampai Suzuki Amenity dan Eleny.
Saat ini yang masih banyak terlihat adalah Starlet dan Civic Nouva juga Estilo. Makanya melihat Suzuki Amenity 2 pintu milik Yoyo Wihoro ini seperti kembali ke 30 tahun yang lalu. “Bisa dibilang gue sangat beruntung bisa punya Amenity 2 pintu ini, gak banyak pe-er dan tinggal tambah beberapa modifikasinya aja,” ucap Yoyo.


Ia pun segera melakukan modifikasi dengan tema yang sama seperti yang ia lakukan ke Toyota Agya dan Suzuki Swift GL miliknya. “Dulu di tahun ’90an Amenity 2 pintu ini banyak dipake buat slalom, rally, sampai one make race jaman sirkuit Ancol…gue pilih gaya rally pastinya!” tegasnya.

Yoyo membeli Amenity ini sudah menggunakan bumper Suzuki Cultus GTi, “Cultus itu kembaran Amenity yang ada di Jepang, ada 3 garis di sudut kiri dan kanan bumper depan dan ada foglampnya, belakang juga sama,” ulas Yoyo.


Modifikasi pun berlanjut ke bagian velg dan suspensi. Velg pilihan ayah 3 anak ini adalah Compomotive TH1 ukuran 15 inci dengan ban Champiro GTX Pro ukuran 195/50R15. Tak lupa suspensinya dimodifikasi dengan per SBM Progressive dan sokbreker Koni Classic Red.

Baca Juga :

Di bagian depan eksteriornya, dua foglamp Cibie dipasang dan foglamp bawaan diberi cover custom dengan stiker PIAA. Di bagian atap, dipasang air scoop custom ala-ala mobil rally.
Berikutnya adalah modifikasi interior. Seluruh jok dilapis ulang pakai bahan Recaro Artista dan MBtech hitam, “Jok bawaan Amenity sudah model semi bucket, gak perlu ganti Recaro,” bilangnya. Setir dan shiftknob juga diganti dengan lansiran Sparco.

Sebenarnya sebelum dibeli Yoyo, mobil ini sudah swap engine dengan mesin asli Cultus GTi.

“Mesinnya dibeli teman gue sekarang, balik ke mesin asli Amenity lagi lah…hahaha,” gelaknya.

(SS)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *