Mobil, Tips

Injektor Diesel – Ternyata Ini Fungsi Injektor Pada Mesin Diesel!

Anda pengguna mobil bermesin diesel? Pasti Anda pernah mendengar istilah injektor diesel dari mekanik kepercayaan Anda. Nah, sebenarnya apa sih fungsi injektor diesel itu?

“Pada mesin diesel, injektor diesel bertugas merubah solar dengan tekanan tinggi menjadi kabut, kemudian kabut ini mudah dibakar dan meledak untuk menggerakkan mesin,” ujar Moehammad Sobirin dari Surya Mas Diesel. Karena solar lebih kental karena ada pelumas, sehingga harus dirubah jadi kabut agar mudah terbakar.

Kerusakan injektor terjadi karena kualitas solar yang kurang bagus, sehingga injektor jadi mampet. Jadi kualitas solar harus bagus dan bersih. “Kerusakan terjadi karena sering kekurangan solar di tanki bensin, istilahnya masuk angin yang bisa menyebabkan overheat juga,” tambahnya.

Biasanya kerusakan injektor diesel terjadi setelah 2 tahun pemakaian, itu pun kalau sering kena solar kotor atau sering kekurangan solar.

Baca Juga :

Gejala injektor diesel rusak :

  1. Susah starter
    Awal hidup setelah distarter karena pasokan solar tidak lancar, sehingga mesin susah hidup
  2. Mesin pincang
    Mesin hidup tapi terasa pincang, karena nosel injektor mampet karena solar kotor
  3. Asap hitam tebal
    Karena injektor sudah mulai aus, sehingga asap hitam tebal keluar dari knalpot dan konsumsi solar jadi lebih boros

Perbaikan

Di Surya Mas Diesel, perbaikan mesin diesel dilakukan dengan urutan :

  1. Cek solar kotor atau tidak
  2. Ganti filter solar
    Setelah itu cek injektor, jika sudah aus maka harus ganti. Ganti injektor tergantung kerusakan, bisa hanya 1 pc atau bahkan semua.

“Injektor masih bisa di servis jika tidak ada ‘luka’ di permukaannya dan tidak macet, kalau ada baret harus ganti, karena tidak akan sempurna lagi kinerjanya,” ujar Muh dari Surya Mas Diesel.

Kalau biaya servis injektor mulai dari Rp 30 ribu untuk mesin konvensional sampai Rp 400 ribu untuk mesin diesel common rail. Sedangkan untuk ganti nosel injektor, harga mulai dari Rp 300 ribuan untuk mesin konvensional dan sampai jutaan untuk yang commonrail.

(SS)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *