Liputan Khusus, Mobil

JEEP WILLYS CJ2A 1960 – Cerita Jip Penuh Kenangan

Banyak orang yang mempunyai kenangan manis akan mobil pertamanya. Apa pun mobil pertamanya, pasti ada kenangan tersendiri bagi ownernya.

Seperti yang dirasakan oleh Tommy Eka Putra dengan Jeep Willys CJ2A tahun 1960 pemberian ayahnya ini, “Ini mobil saya pakai untuk sekolah pas SMA, belajar, main, nongkrong, sampai pacaran dengan istri saya sekarang pun naik mobil ini,” ucap Tommy.

Agar tidak merepotkan Tommy ketika menyetir mobil ini, maka serangkaian modifikasi pun dilakukan oleh ayahnya dan Tommy ketika itu. “Sekaligus dia belajar merawat mobil juga,” ucap Suhar, ayah Tommy.

Mesin dan transmisi ganti dengan mesin 5K punya Toyota Kijang, lalu rem depan ganti cakram dan pasang power steering Kijang juga biar enteng.

Satu hal yang disesali Tommy sampai sekarang, “Setir dipindah ke kanan,” ujar Tommy. “Dulu biar gampang karena saya tiap hari bawa mobil ini pergi kemana-mana,” ucapnya.

Baca Juga :

Itu cerita tahun 2004 sampai 2006. Di tahun 2018 sampai 2019 Willys ini pun kembali di restorasi oleh ayah dan anak ini. “Kondisinya mulai kurang bagus, harus dibangun ulang,” bilang Suhar.

Seluruh body dicat ulang agar mengkilat dan bebas karat. Bahkan ditambahkan beberapa ornamen seperti halnya sebuah mobil tentara di zamannya, “Seperti tulisan dan logo di kap mesin itu,” bilang pemukim di kawasan BSD ini.

Restorasi kali ini dilakukan di Hobby De Beste milik Pakde Bei Budiono di Melati Mas, BSD. “Pakde banyak bangun Willys, karena itu saya yakin di tangan beliau pasti bagus,” ujarnya.

Bahan soft top atau yang sering disebut canvas juga diganti berikut rangkanya agar sesuai dengan orisinalnya. Bahan jok juga diretrim ulang agar rapi.

Restorasi kali ini dilakukan di Hobby De Beste milik Pakde Bei Budiono di Melati Mas, BSD. “Pakde banyak bangun Willys, karena itu saya yakin di tangan beliau pasti bagus,” ujarnya.

Sampai velg dikembalikan ke orisinalnya yaitu velg kaleng berikut bannya. “Tadinya sempat pakai velg racing, tapi sekarang alirannya OEM,” cetus Tommy.

Lucunya sekarang Tommy sudah jadi ayah dari 2 putri yang cantik-cantik, “Willys ini jadi kesayangan anak pertama saya, Kimi. Tiap hari maunya jalan-jalan naik mobil ini, jadilah kita berempat naik mobil ini keliling komplek rumah…hehehe,” kekehnya.

Memang buah jatuh gak jauh dari pohonnya ya…

(SS)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *