Liputan Khusus, Mobil

Honda Accord Hatchback ’80 – Restorasi Total

Anda tahu dengan Honda Accord? Ya, Honda Accord ini mulai dikenal di Indonesia sejak awal tahun ’80-an. Namun di Indonesia hanya ada versi sedan 4 pintu saja, sementara diluar Indonesia terutama Jepang dan Amerika ada yang versi 2 pintu hatchback. Sayang tidak dijual disini ya!

Honda Accord Hatchback? Ya, ternyata di Jakarta ada beberapa Honda Accord Hatchback yang terlihat beberapa kali ada di jalanan. Dari beberapa unit itu terlihat ada satu dalam kondisi sangat terawat, Accord Hatchback milik Anang Subhan yang berwarna biru metalik ini terlihat sangat mulus. “Kalau dilihat kondisi awalnya, seperti tidak percaya bisa jadi seperti sekarang ini,” bilang Anang.

“Dulu mobil ini saya dapat di Bekasi dari seorang pemusik dengan kondisi cukup ‘hancur’, terutama di bagian bodi…banyak sekali karatnya, pengelasannya saja makan waktu sampai 6 bulanan lebih,” kenangnya. “Ini sih hampir bikin mobil lagi judulnya…hahaha,” tawanya. Belum lagi dempulnya yang tebal sehingga sekujur bodi pun dikerok habis sampai ke plat dasar. “Dari situ baru ketahuan karatnya, jadi semua yang berkarat dipotong dan dibikin lagi dari plat baru,” jelasnya.

Nah, sewaktu dikerok warna cat asli bawaan mobil ini masih ada terlihat. “Berbekal dari cat yang ada itu saya ngaduk cat sendiri sampai mirip dengan warna yang ada,” bilang pria pemilik beberapa VW klasik ini. Begitu parahnya oleh pemiliknya dulu wiper kaca belakang yang harusnya ada malah dicabut dan lubangnya ditutup dengan dempul. “Makanya saya kaget juga pas dikerok kok ada bekas lubang di pintu bagasinya, ternyata itu untuk wiper…malah masih ada motornya di dalamnya,” bilangnya

Selama mobil di bengkel, Anang berusaha melengkapi barang-barang yang rusak dan hilang. “Bagusnya hampir semua list body masih ada kecuali list chrome kaca depan belakang saja yang tidak ada,” ujar Anang. Mengakalinya list untuk kaca ini pun dibikin lagi menyerupai aslinya, “Hasilnya mirip juga kok hehehe” bangganya. Kemudian ‘kuping’ bumper juga juga dibelikan baru berikut mud flap dan cover sokbreker depan yang ada di ruang mesin.

Nah, masalah yang ada di mobil hatchback adalah sokbreker pintu bagasinya biasanya sudah lemah. “Sokbreker pintu bagasi belakang sudah diganti baru, wiper belakang juga dipasang lagi pakai punya wiper belakang Civic Excellent,” tukas pemukim di daerah Jakarta Pusat ini lagi.

Lalu velg racing bawaan waktu dibeli langsung diganti dengan velg asli Accord tahun ’81 berikut ring velg khas mobil tahun 70-80an, “Pas ada yang jual velg asli Accord ini, untung masih dapat,” ujarnya dengan nada lega.

Baca juga :

Agar terlihat semakin bagus, semua bumper depan belakang di chrome ulang dan dipasangkan ‘kuping’ bumper yang baru. Kemudian restorasi berlanjut ke interior karena bahan fabric jok asli sudah tidak bagus. Jadilah semua jok dibungkus ulang dengan bahan dan warnanya yang mirip aslinya, “Bahan plafon juga saya bikin ulang dengan bahan semirip mungkin dengan aslinya,” bisiknya. Untunglah dasbor dan doortrim masih dalam kondisi bagus tidak ada yang pecah dan sobek.

Kemudian Anang beralih mengecek mesinnya yang berkapasitas 1.800 cc ini, “Bagusnya mobil ini oleh pemilik sebelumnya memang jadi mobil harian, jadi kondisi mesinnya masih terawat tidak ada masalah,” ucap pria ramah ini. Akhirnya Anang hanya mengganti sokbreker belakang dan pernya karena sudah tidak mumpuni.

And voila! Beginilah mobil ini sekarang kondisinya. Tidak percaya kalau dulunya mobil ini kondisinya hancur kan? Cat biru metaliknya mengkilat hingga ke kolongnya, semua pernik sudah terpasang rapi menurut aslinya, bumper besinya juga terlihat mengkilat dan seluruh list bodinya terlihat sangat rapi.

(SS)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *