Liputan Khusus, Mobil

Toyota Corolla Levin AE86 GT Apex 1983

Awalnya Cuma Mimpi, Siapa Sangka Akhirnya Terwujud Juga

Setiap orang pecinta otomotif pasti punya mobil idaman, entah itu sedan, jip, atau bahkan mobil sport sekalipun. Seperti halnya Uce, pemilik Toyota Corolla Levin AE86 GT Apex ini.

“Waktu dulu AE86 ini masih di tangan teman gue, gue cuma bisa lihat dan menghayal kapan bisa punya AE86 ini ya…hahaha,” tawa Uce.

Setelah itu mobil ini pun dijual dan menghilang dari peredaran. “Tahun 2017 waktu Corolla DX gue dibeli pemain mobil lama, tiba-tiba ada kabar AE86 itu mau dijual dan jogrok di basement di kawasan Sudirman. Gue pikir coba tawar kali aja jodoh, dan emang iya jodoh!” seru Uce.

Mobil pun di refresh mesinnya oleh Doni dari Dons Autoworks di Ragunan, “waktu itu langsung gue pake turing keliling Jawa dan gak ada masalah sama sekali,” ujarnya senang.

Mesin dimodifikasi dengan ganti header FGK, open filter K&N, kabel busi TRD, dan muffler Borla. “Gue juga pasang LSD TRD dan ganti final gear 4,3 biar makin enak buat gas jarak jauh,” bilang anggota Bocah Touring Retro ini.

Pulang turing mobil ini ditinggal di Semarang untuk rapihin kolong dan engine bay supaya seperti baru lagi di bengkel JT Performance milik Indy. “Mobil di pretelin dan digulingin, body luar untuk sementara siram dulu karena mepet buat turing Yogyakarta,” jelas Uce.

Keluar bengkel Uce malah ditawarin untuk ganti pelek pake RS Watanabe F8 ukuran 15×7+8 inci dengan ban Toyo R1R 195/55R15 depan dan Achilles ATR-K Sport 215/50R15 belakang. “Langsung gue bayar!” bilangnya.

Kepalang nyebur, jok Recaro Spectrum dan setir Nardi deep corn juga dipasang di dalam kabin.

“Tinggal 1 mimpi gue untuk mobil ini, engine swap pake 4A-GE blacktop 20 valve seperti DX gue dulu,” bisiknya.

(SS)

Related Posts

Tinggalkan Balasan