Liputan Khusus, Mobil

Toyota Corolla DX 1981 – Restorasi Yang Sempurna

“Saya memang tercinta mobil retro, terutama Toyota Corolla DX,” ujar Donny Susatio Adjie, pemilik Corolla DX berkelir dolphin blue ini. Beruntung ia mendapatkan Corolla DX ini dalam keadaan sudah di restorasi seperti ini.

Corolla DX ini awalnya adalah milik Boy, teman Donny. Mobil ini sudah lama di restorasi. “Setahu saya dulu bangun bodinya saja sampai 1 tahun, makanya detilnya bagus,” icap Donny.

Selain itu, tampak muka DX ini sudah dirubah jadi lebih tua ke tahun 1980. “Semua paketnya orisinal Toyota, grill, frame lampu, sampai ke lampu-lampunya juga…bumper karet DX GT juga orisinal tuh,” tunjuknya.

Gak cuma body yang digarap, tapi mesin dan transmisi juga diganti agar lebih nyaman dipakai. “Mesin pakai 7KE injeksi dan girboks ganti pakai matik plus power steering,” bilang pemukim di Pondok Indah, Jaksel, ini.

Selain itu sektor kaki-kaki jadi tahan berikutnya. Rem depan diganti dengan disc brake Kijang dan belakang pakai disc brake Corolla Twincam GTi. Booster rem pakai Soluna dan master rem pakai punya Land Cruiser. Pakem pol deh!

Untuk velgnya, velg retro Compe Rally dan ban Dunlop pun jadi pilihan pria yang bekerja di sebelah bank national ini. Ditambah lagi mudflap orisinal DX bertuliskan Corolla membuat DX ini semakin enak dilihat.

Masuk ke kabinnya, jok Recaro Spectrum menambah nilai klasik mobil retro ini. “Headrestnya yang pake speaker lho, langka ini,” seru pria 52 tahun ini. Stir juga sudah ganti dengan kepunyaan DX GT yang lebih mewah dengan wood panel kombinasi kulit hitam.

Rapi luar dalam nih!

(SS)

Related Posts

Tinggalkan Balasan