Bore-up Yamaha Lexi Jadi 155 cc Pakai Blok Aerox, Plug n Play!

Yamaha Lexi menjadi skutik Maxi dengan kapasitas paling kecil yakni hanya 125 cc saja. Sementara dari segi mesin, Lexi memiliki kemiripan komponen dengan Yamaha Aerox 155. Lantas bisakah mesin Yamaha Lexi ditingkatkan menjadi 155 cc?

Ariyanto selaku pemilik bengkel Zona Speed, mengatakan Yamaha Lexi 125 bisa ditingkatkan menjadi 155 cc menggunakan komponen dari Aerox. Menurutnya blok seher Yamaha Aerox bisa dipasangkan dengan mudah pada Yamaha Lexi. Sehingga tidak banyak ubahan dari segi mesinnya.

“Jadi kalau untuk pemasangan itu pnp, untuk blok sehernya kita pakai punya Aerox dan sehernya juga punya Aerox. Karena sebenarnya langkah antara Lexi dan Aerox kan sama, langkah setang pistonnya ya. Yang membedakan hanya diameternya saja,” ujar Ari kepada beberapa waktu lalu lewat wawancara telepon.

Sementara pada komponen cylinder head tidak perlu adanya perubahan pada Yamaha Lexi. Seperti baut ancer, klep, dan diameter intake tidak perlu diubah saat memasang blok seher milik Aerox. Ari mengaku perbedaan di silinder head hanya pada noken as alias camshaft-nya saja.

“Semua sama, enggak ada bedanya, sama. Kalau head masih pakai punya Lexi, karena kalau head-nya sebenarnya masih sama persis. Yang membedakan hanya di jeroannya saja, cuma di bagian noken as saja,” ujar pria yang juga memiliki blog otomotif Aripitstop itu.

Modifikasi ini, kata dia cukup sederhana, bahkan tidak perlu mengganti Electronic Control Unit (ECU). Sehingga, menurutnya masih bisa menggunakan ECU milik Lexi. Bengkel Zona Speed miliknya juga telah melakukan modifikasi Yamaha Lexi menjadi 155 cc menggunakan blok mesin dari Yamaha Aerox.

 

Sumber: Otomods.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PT Sebelas Kawan Parjo

South Quarter, Tower A, 6th Floor
Jalan Ra Kartini Kav 8, Cilandak Barat
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430
Indonesia

Follow Parjo

Contact