Pendahuluan

Syarat & Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Sebelas Kawan Parjo (selanjutnya disebut “PARJO”) terkait penggunaan layanan yang tersedia. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan seluruh layanan PARJO, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PARJO. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan PARJO.

Definisi

  1. PARJO adalah suatu perseroan terbatas yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang penyelenggara pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi dan pameran.
  2. Platform PARJO adalah Offline: pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi dan pameran beserta Online: seluruh aplikasi digital resmi PARJO yang keduanya dapat diakses secara offline dan/atau online melalui perangkat komputer dan/atau perangkat mobile.
  3. Layanan adalah secara kolektif: (i) Pengaturan dan Pengelolaan acara yang meliputi namun tidak terbatas pada (a) Penyewaan booth; (b) Konten, fitur dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama PARJO; dan (c) promosi baik berupa pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan; dan (ii) Marketplace.
  4. Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan PARJO yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan PARJO, serta tata cara penggunaan layanan PARJO.
  5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan PARJO, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Layanan PARJO.
  6. Form Pendaftaran adalah Form baik berupa online maupun paper-based yang digunakan oleh Pengguna untuk menjadi Pengguna terdaftar baik sebagai Penjual atau Pembeli.
  7. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Layanan PARJO.
  8. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penawaran atas suatu Barang termasuk namun tidak terbatas sebagai sponsor, tenant booth, konsinyor ataupun kategori lainnya kepada para Pengguna Layanan PARJO.
  9. Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  10. Saldo adalah fasilitas penampungan sementara (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan PARJO untuk menampung jumlah dana pada akun Pengguna setelah semua transaksi dan operasi perdagangan dihitung, termasuk untuk operasi nonperdagangan, yakni Penambahan Dana dan Penarikan dana. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Layanan PARJO dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
  11. Feed adalah fitur pada aplikasi PARJO yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak lainnya terkait Barang tertentu.
  12. Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Barang atau Penjual tertentu melalui Feed.
  13. Rekening Resmi PARJO adalah rekening bersama yang disepakati oleh PARJO dan para Pengguna untuk proses transaksi terkait layanan PARJO.
  14. Barang Terlarang adalah adalah barang yang dilarang diperdagangkan oleh Penjual (Pelapak) di Layanan PARJO berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal PARJO.

Pendaftaran dan Data Pengguna

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Pengguna menyatakan bahwa semua data yang tertulis dalam Form Pendaftaran adalah benar.
  3. Form Pendaftaran wajib dilengkapi selambat-lambatnya 5 (lima) hari setelah pemesanan Layanan. Jika tidak dilaksanakan akan mengakibatkan pembatalan otomatis atas pemesanan Layanan. PARJO akan merespon baik melalui online ataupun paper-based sebagai tanggapan atas pengiriman Form Pendaftaran.
  4. PARJO tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  5. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:- Pembeli- Penjual
  6. PARJO tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku.
  7. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan data pribadi untuk semua aktivitas yang terjadi dalam Layanan PARJO.
  8. PARJO menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data penting kepada pihak yang mengatasnamakan PARJO atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  9. Pengguna setuju untuk memberitahu PARJO jika ada penggunaan tanpa izin atas data Pengguna.
  10. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa PARJO tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan data Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna.
  11. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.
  12. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa PARJO dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna di Platform PARJO.
  13. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, PARJO (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan PARJO) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Platform PARJO untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. 
  14. PARJO berhak mengungkapkan data Pengguna untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Layanan

  • Pengaturan dan Pengelolaan Acara
  1. Untuk Layanan penyewaan booth di Offline Platform PARJO, Penjual wajib membayarkan Down Payment sebesar 10% dari harga total (+ PPN 10%), harus dibayar paling lambat 5 (lima) hari setelah Form Pendaftaran dilengkapi atau sesuai dengan tanggal yang tertera di invoice. Jika pembayaran belum dilaksanakan sampai batas waktu tersebut maka kepesertaan menjadi batal dan PARJO memiliki hak untuk mengalihkan booth kepada Penjual lain.
  2. Pembayaran ke-1 : 40% dari harga total (+ PPN 10%) harus dibayar paling lambat 5 (lima) hari setelah pembayaran Down Payment atau sesuai dengan tanggal yang tertera di invoice. Jika pembayaran belum dilaksanakan sampai batas waktu tersebut maka kepesertaan menjadi batal dan PARJO memiliki hak untuk mengalihkan booth kepada perusahaan lain. 
  3. Pembayaran ke-2 : 50% dari harga total (+ PPN 10%), harus dibayar paling lambat hari pertama acara PARJO atau sesuai tanggal yang tertera di invoice. Jika pembayaran belum dilaksanakan sampai batas waktu tersebut maka Kepesertaan menjadi batal dan PARJO memiliki hak untuk mengalihkan booth kepada Pengguna lain. 
  4. Setiap pembayaran yang telah dilaksanakan oleh Penjual wajib diberikan konfirmasinya kepada PARJO dengan menyertakan scan copy bukti transfer melalui email paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah tanggal pembayaran.
  5. Pembayaran yang telah diterima (berikut PPN 10%) tidak dapat dikembalikan.
  6. Pembatalan yang dilakukan oleh Penjual (disampaikan kepada PARJO secara tertulis, dilengkapi dengan alasan yang tepat) atau pembatalan dikarenakan keterlambatan pembayaran maka syarat dan ketentuan berikut berlaku :- Pembatalan yang diajukan 10 (sepuluh) hari sebelum hari pertama acara PARJO, maka Penjual dikenakan denda pembatalan sebesar 50% (lima puluh persen) dari harga total sewa booth;- Pembatalan yang diajukan 5 (lima) hari sebelum hari pertama acara PARJO, maka Penjual dikenakan denda pembatalan sebesar 100% (seratus persen) dari harga total sewa booth.- Pembayaran denda pembatalan wajib dilakukan seketika dan lunas paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal surat pembatalan peserta.
  7. Jika Penjual tidak menginginkan (salah satu) barang yang tercantum dalam paket booth standard, maka biaya paket tidak akan dikurangi dan tidak akan ada penggantian dengan barang lainnya.
  8. Tambahan fasilitas booth seperti furniture, listrik dll dapat disewa dengan melengkapi formulir tambahan (yang akan di informasikan sebelum masa acara) dan mengembalikan formulir yang telah dilengkapi sebelum tenggat waktu yang telah ditetapkan.
  9. Segala Barang yang ditampilkan pada saat acara menjadi tanggung jawab Penjual termasuk Barang yang sifatnya impor (produk konsep), biaya maupun urusan yang terkait di dalamnya menjadi tanggung jawab Penjual dan harus mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia.
  10. Untuk Layanan konten dan promosi, PARJO dan Penjual berhak melakukan perjanjian/kontrak tersendiri yang menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dari Syarat & Ketentuan ini.
  11. Semua pembayaran menggunakan mata uang rupiah (IDR), baik untuk perusahaan lokal maupun perusahaan asing.
  12. Dalam kasus force majeure, yang meliputi bencana alam, banjir, gempa bumi, angin topan, kebakaran, wabah, pemberontakan, perang, kerusuhan, kerusuhan sipil, ledakan, aksi terorisme, perubahan hukum dan peraturan dan/atau kebijakan ekonomi/moneter/ketidakstabilan situasi politik yang secara langsung mempengaruhi pelaksanaan acara/perjanjian/kontrak, keterlambatan yang terjadi atau pembatalan tidak akan dianggap sebagai kesalahan dari PARJO dan dengan demikian para pihak wajib dibebaskan dari kewajiban apapun.
  • Marketplace 
  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh PARJO. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian PARJO akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem PARJO telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa :- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.- PARJO tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka Penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi PARJO dan/atau tanpa sepengetahuan PARJO (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. PARJO memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, PARJO memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh PARJO.
  8. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain PARJO. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  9. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. PARJO memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus “terkirim” pada sistem PARJO, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem PARJO.
  10. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi PARJO akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab PARJO. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi PARJO adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  14. Pengembalian dana dari PARJO kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,- Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,-  Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,- Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.- Penyelesaian permasalahan melalui moderasi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak PARJO.
  15. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo PARJO milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. 
  16. PARJO berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan PARJO adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  17. Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. 
  18. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PARJO tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  19. PARJO memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, PARJO memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka PARJO memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
  20. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  21. Segala Barang yang belum terjual atau belum dipesan tanpa terkecuali merupakan hak milik Penjual dan menjadi tanggung jawab Penjual, biaya maupun urusan yang terkait di dalamnya menjadi tanggung jawab Penjual dan harus mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia.
  22. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
  23. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Barang Terlarang.
  24. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka PARJO berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  25. Dalam menggunakan Fasilitas “Judul Produk”, “Foto Produk”, “Catatan” dan “Deskripsi Produk”, Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan PARJO, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan PARJO.
  26. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari PARJO. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  27. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa PARJO berhak melakukan moderasi apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat & Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  28. Penjual wajib memasukan nomor resi pengiriman Barang dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari PARJO. Jika dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman Barang maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
  29. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga Barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil dan/atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat & Ketentuan.
  30. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah Barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada PARJO sebelum menerima pesanan dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi/membatalkan transaksi dan Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh Pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga Barang akan dikembalikan kepada pihak Pembeli. Namun apabila Penjual tetap melanjutkan transaksi tersebut tanpa persetujuan dari Pembeli, maka Penjual menyetujui bahwa hal ini akan menjadi tanggung jawab Penjual sepenuhnya (termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian ongkos kirim kepada Pembeli).
  31. PARJO memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di Rekening Resmi PARJO sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Pembayaran baru akan dilanjut kirimkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Pembeli.
  32. PARJO berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Platform PARJO; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Platform PARJO; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper).
  33. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  34. PARJO berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan PARJO adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  35. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal Pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah dibawah tarif pengiriman awal).
  36. PARJO berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran Pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada Pembeli.
  37. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  38. Penjual dilarang melakukan promosi secara langsung yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
  39. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman Platform lain diluar Platform PARJO.
  40. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  41. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
  42. Penamaan Barang harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitan dengan Barang tersebut.
  43. Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
  44. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  45. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
  46. PARJO memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  47. PARJO memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama domain Pengguna untuk kepentingan internal PARJO.
  48. PARJO berhak mengenakan komisi untuk transaksi yang dilakukan melalui Platform PARJO dan biaya lain atas fitur atau layanan tambahan sesuai kesepakatan antara PARJO dan Penjual.
  49. Harga Barang yang terdapat dalam Platform PARJO adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
  50. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Platform PARJO. PARJO berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari PARJO atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  51. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman Platform PARJO dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  52. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.
  53. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab PARJO.
  54. Dengan melakukan pemesanan melalui PARJO, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  55. Platform PARJO untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.
  56. Pembeli memahami dan mengerti bahwa PARJO telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun PARJO tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
  57. Karena itu PARJO menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan PARJO, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada PARJO melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
  58. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab PARJO, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan PARJO, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke Platform selain Platform PARJO, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh PARJO. PARJO berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain. 
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke PlatformPlatform lain diluar Platform PARJO, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  5. Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Syarat & Ketentuan atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Syarat & Ketentuan atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka PARJO berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
  6. Ketika Pengguna mengunggah ke Platform PARJO dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan PARJO hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap PARJO.
  7. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam Platform PARJO. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Platform PARJO.
  8. PARJO menyediakan fitur Feed untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
  9. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta PARJO bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
  10. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Platform PARJO melalui Feed akan tunduk pada Syarat & Ketentuan Platform, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
  11. KOL, Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Feed bertanggungjawab penuh terhadap konten atau materi yang diunggah melalui fitur Feed.
  12. PARJO berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Platform, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.

Barang Terlarang

  1. Berikut ini adalah daftar jenis Barang yang dilarang untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Platform PARJO:- Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini ialah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).- Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).- Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.- Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
    1. SNI;
    2. Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
    3. Label dalam Bahasa Indonesia.
    Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut.- Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.- Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.- Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.- Minuman beralkohol.- Iklan.- Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian Platform ini.- Pakaian dalam bekas.- Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.- Dokumen pemerintahan dan perjalanan.- Seragam pemerintahan.- Bagian/Organ manusia.- Mailing list dan informasi pribadi.- Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.- Pestisida.- Atribut kepolisian.- Barang hasil tindak pencurian.- Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.- Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.- Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.- Hewan.- Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.- Materai.- Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi- Perlengkapan dan peralatan judi.- Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.- Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan lansung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.- Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (telepon, listrik, game, dan/atau credit digital), tiket pesawat dan/atau tiket kereta.- Tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik.- Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya- Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.- Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Promo

  1. PARJO sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. PARJO berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat & Ketentuan PARJO dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:- Jika terdapat selisih antara berat Barang pada deskripsi produk dengan berat Barang yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang pada data pihak kurir/logistik;- Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid. Penjual yang menggunakan resi pengiriman invalid tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau- Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem PARJO, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di moderasi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
  4. Setiap Promo PARJO tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali, jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Benefit promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli kedua).
  5. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun PARJO untuk mengikuti setiap promo PARJO. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo PARJO.

Pengiriman Barang

  1. Pengiriman Barang dalam sistem PARJO wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan PARJO yang dipilih oleh Pembeli.
  2. Penjual dilarang memberlakukan promosi / sistem bebas ongkos kirim pada setiap Barang yang dijual di dalam Platform PARJO.
  3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  6. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. PARJO tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
  7. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pengiriman barang GO-SEND untuk transaksi pembelian barang melalui Platform PARJO dengan ketentuan sebagai berikut dibawah ini:- Biaya ongkos kirim GO-SEND yang tertera pada halaman keranjang belanja adalah total biaya pengiriman barang, maka Penjual dan/atau Pembeli tidak perlu membayarkan biaya tambahan lain selain dari total biaya tersebut.- Biaya ongkos kirim GO-SEND tersebut diatas telah meliputi (i) biaya jasa petugas kurir GO-SEND dan (ii) biaya parkir kendaraan petugas kurir GO-SEND.- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa biaya tambahan lain yang diberikan langsung oleh Pengguna kepada petugas kurir GO-SEND tanpa melalui sistem pembayaran PARJO merupakan beban dan tanggung jawab pribadi Pengguna.- Setelah Pembeli melakukan proses pembayaran, Pembeli dilarang meminta kepada driver GO-SEND untuk mengirim barang dengan alamat pengiriman lain yang tidak sesuai dengan yang tercantum di kolom alamat atau invoice pada transaksi pembelian. Perubahan alamat pengiriman hanya dapat dilakukan sebelum Pembeli melakukan proses pembayaran.- Pengguna dapat mengadukan pelayanan petugas kurir GO-SEND melalui nomor Call Center GO-SEND (021) 5055 2220.- Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak PARJO paling lambat 3×24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

Penarikan Dana

  1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1×24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2×24 jam hari kerja.
  2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
  3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan PARJO, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa PARJO berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
  4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam poin 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak PARJO.

Moderasi

  1. Moderasi adalah fitur yang disediakan oleh PARJO untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  2. Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran barang ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Moderasi selesai.
  3. Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui Moderasi dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
  5. Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli.
  6. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka PARJO memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
  7. Dalam hal PARJO membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat & Ketentuan, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa PARJO berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
  8. PARJO berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Moderasi, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Moderasi dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email PARJO, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Moderasi dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan PARJO perlu segera melakukan mediasi.
  9. Atas keputusan pertama PARJO diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  10. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan PARJO atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  11. Pengguna memahami bahwa Moderasi tidak berlaku untuk kendala yang berkaitan dengan rasa, aroma dan/atau tekstur produk, dan semua produk dalam daftar jenis barang yang dilarang diperjual-belikan di PARJO seperti yang ada di halaman Syarat & Ketentuan.
  12. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Moderasi, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak PARJO pada diskusi terkait.
  13. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendala pada moderasi didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menanggung ongkos kirim tersebut, maka PARJO berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  14. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Barang kembali ke Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu) terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman barang, maka PARJO berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  15. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Barang pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 2  (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat status pengiriman dari kurir logistik bahwa Barang yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka PARJO berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  16. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak PARJO melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi terkait.
  17. Tata cara menggunakan Moderasi selengkapnya dapat dilihat pada Halaman Bantuan Moderasi.

Ketentuan Lain

Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat & Ketentuan ini, akan diatur lebih lanjut dalam ketentuan lain dan/atau perjanjian tersendiri antara PARJO dan Pengguna yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Syarat & Ketentuan ini

Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab 

  1. Platform PARJO menggunakan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di Platform PARJO. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member PARJO, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab PARJO secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa Platform
  2. PARJO selalu berupaya untuk menjaga Layanan PARJO aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Platform PARJO memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
  3. Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan PARJO atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan PARJO diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
  4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, PARJO (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut PARJO bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :- Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan PARJO.- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan PARJO.- Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan PARJO.- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.- Kualitas Barang.- Pengiriman Barang.- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.- Perselisihan antar pengguna.- Pencemaran nama baik pihak lain.- Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi PARJO, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan PARJO ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.- Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan PARJO.- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan PARJO.- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan PARJO.- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Platform PARJO yang diduga palsu.- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

Pelepasan

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan PARJO (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Syarat & Ketentuan ini. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan PARJO dari tuntutan ganti rugi dan menjaga PARJO (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan PARJO yang tidak semestinya dan / atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Hukum yang Berlaku

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Platform dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

Pembaharuan dan Modifikasi

Syarat & Ketentuan mungkin di ubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. PARJO menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan PARJO, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.