Ternyata Harley-Davidson Pernah Menggugat Desain Motor Honda

Harley-Davidson pernah menguasai pasar motor cruiser Amerika di tahun 1990-an. Pabrikan asal Milwaukee itu menjadi satu-satunya merek yang menguasai pasar karena belum memiliki pesaing. Namun tidak banyak yang mengetahui, kala itu Harley-Davidson pernah menggugat pabrikan otomotif asal Jepang yakni Honda.

Berdasarkan laporan The Drive, pada masa jaya Harley-Davidson, Honda pernah mencoba mengeluarkan produk motor cruiser. Produk tersebut diperkenalkan dengan nama ACE Shadow atau American Classic Edition. Desain motor ini memang disebut-sebut sangat mirip dengan sebuah Harley-Davidson.

Dimulai dari bentuk spatbor panjang dan tangki bensin berbentuk teardrop yang sangat mirip Harley. Bahkan Honda menggunakan mesin V-Twin dari engkol pin ganda ke satu pin untuk mendapatkan nada mesin yang mirip dengan Harley-Davidson. Honda juga mencetak tulisan “Made In USA” sebagai penanda bahwa produk Jepang tersebut memiliki darah Amerika seperti dari Milwaukee.

Gugatan Harley-Davidson terhadap Honda pun berlanjut hingga awal tahun 2000-an. Namun kala itu tidak ada pihak yang benar-benar membuat penentuan. Akhirnya Harley-Davidson melepaskan kasus tersebut dan Honda diam-diam menghentikan produk American Classic Edition.

Sumber: otorider.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PT Sebelas Kawan Parjo

South Quarter, Tower A, 6th Floor
Jalan Ra Kartini Kav 8, Cilandak Barat
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430
Indonesia

Follow Parjo

Contact